MEDIABORNEO.NET, KUKAR – Seorang motoris kapal ketinting bernama Fauzan (20), warga Desa Tanggul Tengah, Muara Jawa, Kutai Kartanegara (Kukar) dilaporkan tenggelam saat melakukan uji coba kapalnya di Sungai Mahakam, tepatnya di wilayah Muara Jawa, Kukar sekira pukul 17.30 Wita, Jumat kemarin.

Namun oleh kerabat korban, peristiwa tersebut baru dilaporkan kepada Kantor Pencarian dan Pertolongan Balikpapan sekitar 3 jam setelah kejadian.

Informasi yang dihimpun dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Balikpapan, peristiwa bermula ketika Fauzan akan menguji coba kapal ketinting miliknya yang baru selesai dibuat.

Saat kapal ketinting mulai berlayar di Sungai Mahakam di wilayah Muara Jawa, Kukar, semuanya tanpa kendala. Tak disangka, diduga karena Fauzan kurang memperhatikan kondisi sekitar sungai, dia tidak melihat adanya sebuah tunggul kayu besar yang ada di tengah sungai, sedangkan kapal ketinting terus melaju. Akibatnya, benturan keras tak dapat terhindarkan dari kapal ketinting dan tunggul kayu tersebut.

Kerasnya benturan sampai membuat Fauzan terbentur bagian kapal hingga membuatnya pingsan. Rupanya kejadian itu juga sempat disaksikan langsung oleh kerabat dan beberapa warga. Tetapi belum lagi sempat memberikan pertolongan, kapal ketinting tiba-tiba terbalik dan tenggelam, sementara tubuh Fauzan masih berada di atas kapal.

Kerabat korban dan beberapa warga bergegas menuju ke lokasi tenggelamnya kapal untuk menolong korban. Namun naas, keberadaan Fauzan tidak berhasil ditemukan.

“ Saat ini Unit Siaga SAR Samarinda sudah berada di lokasi kejadian untuk bersama-sama dengan unsur SAR lain melakukan pencarian terhadap korban,” ucap Kasi OPS Basarnas Kaltim Basri.

Penulis : Koko
Editor : M Jay

Share
Don`t copy text!