MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Anggota DPRD Kaltim Veridiana Huraq Wang menyoroti kinerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim. Pasalnya, dengan besarnya alokasi anggaran yang diberikan, namun justru masih banyak sekolah-sekolah, khususnya tingkat SMA/SMK/SLB yang kondisinya memprihatinkan.

Melihat kondisi ini, Veridiana Huraq Wang turut menyampaikan keprihatinannya. Termasuk kondisi yang terjadi. Dimana, tidak memadainya sarana dan prasarana (sapras) serta fasilitas pendidikan jenjang SMA/SMK/SLB di wilayah 3T.

“Kondisi sapras dan fasilitas pendidikan di daerah 3T masih sangat minim. Diperlukan perhatian lebih untuk pemerataan di wilayah perkotaan, pinggiran, dan pedalaman, terutama di Kutai Barat dan Mahakam Ulu, daerah pemilihan saya,” ucapnya.

Untuk itu, Anggota DPRD Kaltim yang juga duduk sebagai Ketua Komisi III ini meminta Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik untuk segera melakukan evaluasi program-program pendidikan. Khususnya di Kutai Barat dan Mahakam Ulu. Mengingat, APBD Kaltim cukup besar sekitar Rp25,32 triliun.

“Mohon evaluasi program pendidikan di daerah ini, meskipun sudah dialokasikan anggaran wajib pendidikan sebesar 20 persen dari APBD Kaltim sekitar Rp25,32 triliun. Realitasnya, sejumlah sekolah di daerah pedalaman masih mengalami keterbatasan fasilitas dan pembangunan saprasnya,” tegasnya.

Dikatakannya, keberadaan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kaltim, justru tak berpengaruh pada kondisi sumber daya manusia (SDM) di Kaltim.

“Kita perlu memastikan fasilitas pendidikan merata untuk bersaing secara kompetitif. Mohon evaluasi kembali sekolah yang masih kekurangan fasilitas, terutama di daerah pedalaman, untuk mencapai pemerataan yang proporsional,” katanya.

Permintaan evaluasi ini diharapkan dapat membuka diskusi lebih lanjut untuk memastikan bahwa dana pendidikan memberikan dampak positif secara merata di seluruh Kaltim.

“Dengan anggaran pendidikan yang besar ini, tentu kita mengharapkan ada peningkatan, perbaikan pendidikan di Kaltim yang dilakukan secara merata, ” pungkasnya. (Hk/M. Jay/Adv/DPRD Kaltim)

Don`t copy text!