MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Wakil Ketua DPRD Kota Samarinda Subandi menghadiri kegiatan Sosialisasi Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kota Samarinda tahun 2024, yang dilaksanakan oleh KPU Samarinda di Aula KPU, Jalan Ir H Juanda, Samarinda pada Sabtu (25/3/2023).

“Kegiatan KPU hari ini yang kami hadiri sangat penting. Disampaikan mengenai penetapan jumlah Dapil dan penetapan jumlah kursi, karena selama ini masih ada simpang siur,” kata Subandi ditemui usai kegiatan.

Dikatakannya, kegiatan ini sangat penting dilaksanakan, mengingat sebelumnya banyak kabar simpang siur yang menyebutkan adanya perubahan jumlah kursi Daerah Pemilihan (Dapil) di Kota Samarinda. Sehingga, kata dia, dengan adanya sosialisasi diperoleh kepastian bahwa kabar tersebut tidak benar.

“Sebelum ditetapkan, itu ada wacana penambahan Dapil, yang semula ada 5 diubah menjdi 6 atau 7 Dapil. Tapi ternyata hari ini KPU sudah menetapkan dan mengumumkan dan sudah disosialisasikan pada peserta pemilu sejumlah partai politik yang ada di Samarinda, bahwa Dapil itu tetap 5, termasuk jumlah kursi tetap 45, mengingat jumlah penduduk di Samarinda belum mencapai 1 juta,” bebernya.

Dikatakan Subandi, dengan adanya kejelasan mengenai jumlah Dapil dan jumlah kursi DPRD Kota Samarinda pada Pemilu 2024, maka tidak akan ada lagi kekhawatiran banyak pihak mengenai perubahan-perubahan yang akan terjadi. Sehingga, masing-masing partai politik bisa lebih fokus melaksanakan program-program yang akan dilaksanakan.

Selain itu, kata dia, upaya ini juga untuk tetap menjaga suasana kondusifitas daerah untuk menyongsong Pemilu 2024.

“Jadi, semua telah jelas mengenai dua poin pentingnya, soal penetapan Dapil dan kursi DPRD. Mari kita tetap jaga suasana kondusif Kota Samarinda dan berpartisipasi dalam Pemilu 2024 mendatang,” pesannya. (Adv/Koko/M Jay)

Don`t copy text!