Home » 29 Sekolah di Kaltim Terima Penghargaan Adiwiyata Nasional dan Mandiri 2021

29 Sekolah di Kaltim Terima Penghargaan Adiwiyata Nasional dan Mandiri 2021

MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Sebanyak 29 sekolah di Kalimantan Timur (Kaltim) menerima penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI atas keberhasilannya melaksanakan program gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah.

Penghargaan tersebut disampaikan oleh Menteri KLHK RI Siti Nurbaya Bakar melalui ajang Penganugerahan Gerakan Peduli Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) tahun 2021, yang dilaksanakan di Auditorium DR IR Soedjarwo pada Sabtu (24/12/2021) lalu.

Penghargaan diberikan untuk dua kategori, yakni kategori Sekolah Adiwiyata Nasional dan kategori Sekolah Adiwiyata Mandiri untuk seluruh tingkatan sekolah, yakni mulai jenjang SD, SLTP hingga SLTA.

Untuk Kaltim sendiri, 29 sekolah menerima penghargaan tersebut. Masing-masing dari kategori Sekolah Adiwiyata Nasional sebanyak 24 sekolah dan kategori Sekolah Adiwiyata Mandiri sebanyak lima sekolah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kaltim EA Rafiddin Rizal mengatakan, pihaknya telah melakukan seleksi administrasi atas usulan Calon Sekolah Adiwiyata Nasional (CSAN) dan Calon Sekolah Adiwiyata Mandiri (CSAM) yang disampaikan oleh masing-masing kabupaten/kota di Kaltim. Sebelum akhirnya verifikasi dan diteruskan kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

“Setelah melalui tahapan itu, alhamdulilah 29 sekolah meraih penghargaan dari KLHK RI,” ucapnya, Sabtu (25/12/2021).

Dia menjelaskan, pada tahapan verifikasi yakni penilaian dan seleksi administrasi oleh DLH Kaltim Kaltim, selanjutnya diperoleh CSAN dan CSAM yang dinyatakan telah memenuhi persyaratan. Selanjutnya dilakukan penilaian lebih lanjut oleh Dewan Pertimbangan Adiwiyata (DPA) PUDLATMAS PGL-KLHK RI.

Berdasarkan hasil penilaian DPA PUSLATMAS PGL-KLHK RI dan sesuai Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor SK.1079/MENLHK/P2SDM/SDM.2/2021 tentang Penetapan Sekolah Adiwiyata Nasional tahun 2021 dan Nomor SK.1078/MENLHK/P2SDM/SDM.2/2021 tentang Penetapan Sekolah Adiwiyata Mandiri tahun 2021 ditetapkan Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional dan Tingkat Mandiri Provinsi Kaltim tahun 2021.

DLH Kaltim, lanjut EA Rafiddin Rizal, siap memfasilitasi dan mendukung Adiwiyata pada semua tingkat sekolah di Kaltim.

“Penghargaan yang diterima sejumlah sekolah di Kaltim ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan dan menambah jumlah perolehan sekolah tingkat nasional dan mandiri, dengan perolehan penghargaan dari tahun 2019-2021. Adiwiyata tingkat nasional berjumlah total 129 sekolah dan sekolah tingkat mandiri sebanyak 50 sekolah,” tutupnya.

Penulis : Oen
Editor : M Jay

Don`t copy text!