MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Berbagai upaya dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPK) Kaltim untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang tinggal di lokasi yang terpencil hingga terbatas.

Mengerahkan tiga unit mobil Perpustakaan Keliling di setiap hari kerja, DPK Kaltim menyambangi beberapa tempat. Seperti Panti Sosial Perlindungan Anak Dharma Samarinda, Panti Sosial Asuhan Anak Harapan Samarinda, Panti Sosial Bina Remaja Samarinda, Rumah Tahanan Negara Samarinda, Lembaga Pemasyarakatan Samarinda, Lembaga Pemasyakaratan Narkotika Samarinda.

Kepala Bidang Layanan, Otomasi, dan Kerjasama Eka Mustika Wati menyebut, mobil Perpustakaan Keliling sebagai salah satu sarana masyarakat untuk mendapatkan informasi dan ilmu.

“Sebenarnya layanan ini sudah ada sejak lama, tapi 2023 ini berjalan kembali sejak Maret. Setiap bulannya akan diperbaharui koleksi buku sebanyak 100 buku pada masing-masing lembaga,” terangnya.

Mobil Perpustakaan Keliling DPK Kaltim merapkan sistem drop book. Dimana, koleksi buku-buku yang dibawa menyesuaikan kebutuhan masyarakat yang ada di wilayah tersebut. Buku-buku biasanya hanya diletakkan di dalam box atau keranjang, tidak disusun atau ditata rapi di rak-rak buku yang biasanya ada di mobil Perpustakaan Keliling.

“Penyaluran buku per bulannya dibagikan pada setiap pekan pertama dan kedua. Harapannya koleksi buku ini dapat membuka akses bagi masyarakat agar siapapun dapat membaca buku dimana pun mereka berada,” imbuhnya. (Adv DPK Kaltim/Koko/M Jay) .

Don`t copy text!