MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispursip) Kota Samarinda terus melakukan inovasi layanan keperpustakaan dalam upaya meningkatkan minat baca dan budaya literasi sejak usia dini.

Tepat pada Rabu (12/10/2022) kemarin, Dispursip Kota Samarinda melalui armada perpustakaan kelilingnya mengunjungi tiga SD yang ada di kawasan Kecamatan Palaran dan Kecamatan Sempaja Selatan.

Tiga SD yang mendapatkan kesempatan layanan perpustakaan keliling ini masing-masing adalah SD Negeri 002 Palaran, SD Negeri 002 Bukuan dan SD Negeri 024 Bengkuring.

Setibanya di sekolah, kunjungan pelayanan perpustakaan keliling ini langsung mendapat sambutan antusias dari guru-guru dan khususnya siswa.

Siswa seperti tidak sabar untuk meminjam buku yang diinginkan bahkan ketika mobil perpustakaan keliling masih dipersiapkan untuk dibuka, puluhan siswa siswi SD ini sudah mengantri. Berbagai koleksi buku-buku langsung diserbu siswa dan guru-guru.

Dikatakan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Samarinda Erhan Yusuf, berbagai koleksi buku sengaja dipersiapkan untuk dibawa pada armada perpustakaan keliling. Mulai buku-buku cerita, dongeng, buku pelajaran hingga buku mengenai pertanian, usaha dan sebagainya.

“Buku-buku berbagai macam koleksi. Biasanya kalau di sekolah-sekolah, anak-anak lebih menyukai buku tentang dongeng, cerita dan buku ilmu pengetahuan ya, ” ujarnya.

Dirinya berharap dengan kehadiran perpustakaan keliling ini di sekolah-sekolah, khususnya dapat meningkatkan semangat pihak sekolah untuk membenahi perpustakaan yang dimiliki.

“Harapannya seperti itu, agar sekolah dapat memacu semangat untuk membenahi perpustakaan yang ada di sekolah, ” tutupnya. (Adv33/Koko/Oen)

Don`t copy text!