MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kaltim menggelar pengundian hadiah Gebyar Taat Pajak 2021, yang dilaksanakan di Atrium Big Mall Samarinda, Sabtu malam (11/12/2021).

Acara tersebut dihadiri oleh Gubernur Kaltim Isran Noor, Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kaltim HM Sa’bani, Walikota Samarinda Andi Harun, Wakil Bupati Kutai Timur Kasmidi Bulang, Wakil Bupati Kutai Barat Edyanto Arkan dan Kepala OPD di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim.

Gubernur Kaltim Isran Noor dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada seluruh wajib pajak dan Bapenda Kaltim serta pemerintah kabupaten/kota yang berkontribusi pada penerimaan pendapatan pajak bermotor yang terus mengalami peningkatan.

“Gebyar pajak ini merupakan acara rutin tahunan Bapenda, sebagai penghargaan pada masyarakat yang patuh membayar pajak. Pajak ini akhirnya diperuntukkan kembali bagi masyarakat melalui berbagai macam program pembangunan. Tanpa partisipasinya, akan mustahil penerimaan pajak bisa terus ditingkatkan,” ucapnya.

Senada dengan Gubernur Kaltim, Kepala Bapenda Kaltim Ismiati juga menyampaikan apresiasinya yang besar kepada wajib pajak di Kaltim.

“Melalui Gebyar Pajak ini diharapkan, kesadaran masyarakat semakin meningkat untuk membayar pajak kendaraan bermotor, dalam rangka mendukung pembangunan di Kalimantan Timur,” katanya.

Masih dalam rangkaian acara Gebyar Pajak 2021, juga dilakukan penyerahan mobil 20 unit Samsat keliling (Samling) guna mempermudah akses dalam hal pelayanan pengurusan pajak, sekaligus perpanjangan STNK 5 tahunan, khususnya pada daerah-daerah yang berada di pedalaman dan jauh dari kantor Samsat.

Nantinya, melalui mobil Samsat keliling tersebut, layanan pengurusan pajak kendaraan akan lebih mudah dan lengkap. Mulai dari pengurusan pengesahan STNK tahunan hingga pajak 5 tahunan.

“Kita serahkan 20 unit mobil Samsat keliling secara simbolis dan diterima langsung Bupati dan Walikota,” ujarnya.

20 unit mobil Samsat keliling tersebut diberikan kepada masing-masing, kota Samarinda sebanyak 1 unit, kota Balikpapan sebanyak 2 unit, kabupaten Kutai Kartanegara sebanyak 4 unit, kabupaten Kutai Barat sebanyak 3 unit, kabupaten Kutai Timur 3 unit, kabupaten Berau sebanyak 3 unit, kota Bontang 1 unit, kabupaten Paser 2 unit dan kabupaten Penajam Paser Utara sebanyak 1 unit.

Ismiati berharap, dengan adanya mobil Samsat keliling, pembayaran pajak kendaraan bermotor semakin dekat dan cepat.

“Ini juga sekaligus sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB),” tutupnya.

Penulis : Oen
Editor   : M Jay

Don`t copy text!