MEDIABORNEO.NET, BERAU – Wakil Bupati Berau, Gamalis resmi membuka event Festival Literasi dan Perpustakaan tahun 2023. Pelaksanaan event dipusatkan di Gedung Graha Pemuda (GOR) Berau, Jalan Pemuda, Tanjung Redeb, Kamis (8/6/2023).

Acara pembukaan Festival Literasi dan Perpustakaan Tahun 2023 ini juga dihadiri Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Berau, M Ichsan Rapi, Asisten I dan III Setkab Berau, perwakilan dari Polres Berau, Kemenag, TP PKK, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Provinsi Kalimantan Timur, Juanita Sari, Ketua Umum PGRI B erau, Kepala Sekolah, guru dan peserta Festival Literasi dan Perpustakaan tahun 2023.

Terlaksananya event ini atas kerjasama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Berau dan Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia (ATPUSI) Berau.

Wakil Bupati Berau, Gamalis memberikan apresiasinya atas terlaksananya Festival Literasi dan Perpustakaan tahun 2023. Dia berharap, melalui event tersebut seluruh perpustakaan sekolah yang ada di wilayahnya semakin berkembang dan mengukir prestasi. Khususnya untuk meningkatkan literasi masyarakat Berau.

Dikatakannya, Kabupaten Berau kerap mendapatkan penghargaan perpustakaan di berbagai tingkatan. Sehingga kata dia, prestasi itu hendaknya terus dapat dipertahankan dan menjadi motivasi untuk semangat mewujudkan perpustakaan Berau yang layak kunjung dan mampu memfasilitasi kebutuhan literasi masyarakat. Termasuk akses informasi dalam bentuk elektronik dan digital seperti di negara-negara berkembang.

“Saya mendorong segenap jajaran Dispusip Berau untuk terus melakukan upaya dan terobosan, demi meningkatkan angka kunjungan perpustakaan. Tentu ini merupakan tanggungjawab kita selaku pemerintah daerah dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa,” katanya.

Kepada seluruh masyarakat Berau, Gamalis mengajak untuk bersama-sama menyemarakkan Festival Literasi dan Perpustakaan tahun 2023.

“Kita buktikan bahwa festival ini tidak kalah menarik dengan ajang UMKM, seperti yang biasanya terlaksana ketika hari-hari besar,” serunya.

Sementara itu, Ketua Atpusi Berau, Mariani melaporkan, festival literasi 2023 menjadi momentum gerakan literasi di Berau. Sebanyak 17 stand pameran perpustakaan mulai tingkat SD hingga SMA yang telah terakreditasi nasional turut ambil bagian dalam event tersebut.

“Semangat kami untuk membangun minat baca kepada masyarakat, sehingga festival ini dapat terlaksana,” katanya. (Adv DPK Kaltim/Oen/M Jay)

Don`t copy text!