MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Tingginya animo masyarakat Kota Samarinda untuk mendapatkan bantuan pendidikan melalui beasiswa terlihat saat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim membuka pendaftaran Beasiswa Kaltim Tuntas (BKT) tahun 2023.

BKT diberikan kepada pelajar untuk seluruh jenjang pendidikan. Mulai dasar (SD), menengah pertama (SMP), hingga atas (SMA/Sederajat) se-Kaltim langsung diserbu. Namun sayang, belum semua pelajar tingkat SD hingga SMP di Kota Samarinda terakomodir seluruhnya.

Sekretaris Komisi IV DPRD Samarinda Deni Hakim Anwar mengatakan, sebenarnya pemerintah juga telah memberikan program beasiswa Indonesia Pintar, yang juga mengakomodir seluruh jenjang pendidikan untuk masyarakat yang memenuhi kategori yang telah ditetapkan.

“Kalau di tingkat kota, seperti SD dan SMP biasanya ada yang namanya beasiswa Indonesia Pintar dan beasiswa mandiri. Itu hanya beberapa diantaranya, tapi masih ada program beasiswa lain yang diberikan dan ini berbeda dengan Beasiswa Kaltim Tuntas yang diprogramkan oleh provinsi,” ujarnya.

Dikatakannya, beberapa program beasiswa juga banyak diberikan dari berbagai instansi.

“Kita juga punya program beasiswa, itu sudah berjalan. Kalau di DPR ini biasanya juga ada program itu, tapi di Komisi-Komisi masing-masing. Biasanya nantinya dari Anggota Dewan mendata siapa warganya yang perlu mendapatkan bantuan beasiswa, selanjutnya diteruskan ke pusat. Artinya mereka yang akan mengalokasikan untuk beasiswa itu, ini bisa digunakan untuk membantu anak didik kita yang usia SD dan SMP. Yang seperti ini memang tidak terekspos dengan luas,” katanya.

Deni menyebut, dari masing-masing Anggota Dewan bisa mengusulkan hingga 100 orang calon penerima beasiswa.

“Kita maksimalkan, artinya bukan hanya bantuan sosial saja tapi dalam bentuk beasiswa bisa dijalankan, itu yang saat ini lagi kita rancang. Semoga di tahun 2023 ini, dengan APBD yang ada akan banyak hal yang bisa dilakukan,” tandasnya. (Adv/Koko/M Jay)

Don`t copy text!