MEDIABORNEO.NET, SURABAYA – Usai melaksanakan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan se-Kaltim, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPK) Kaltim melakukan kunjungan ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jawa Timur (Jatim), pada Rabu (16/3/2023).

Kepala DPK Kaltim HM Syafranuddin memimpin rombongan perwakilan DPK kabupaten/kota se-Kaltim dalam kunjungan yang diterima oleh Sekretaris Dinas DPK Jatim Dwiko Yudhi Widodo, di gedung DPK Jatim Jalan Menur Pumpungan Nomor 32, Surabaya.

Kepala DPK Kaltim HM Syafranuddin menyampaikan, tujuan dari kunjungan ke DPK Jatim tersebut adalah untuk saling bertukar informasi dan ilmu. Sekaligus memperkuat sinergi bidang perpustakaan dan kearsipan.

“Harapannya, melalui kunjungan ini dapat mendorong antar dua pihak semakin sinergi untuk kemajuan literasi dan tertib arsip di masing-masing wilayah,” ujar mantan Juru Bicara Gubernur Kaltim Isran Noor ini.

Mewakili Kepala DPK Jatim, Sekretaris Dinas DPK Jatim Dwiko Yudhi Widodo menyambut baik kunjungan tersebut. Bahkan dirinya lansung mengajak rombongan untuk melihat dari dekat layanan dan fasilitas, sarana serta prasarana yang ada di DPK Jatim.

“Kami senang menyambut DPK Kaltim dan rombongan, semoga dengan adanya kunjungan ini dapat mempererat kerjasama yang baik antar DPK ke depannya,” katanya.

Dinas yang memiliki slogan, “Literasi untuk Kesejahteraan, Arsip Sebagai Simpul Pemersatu Bangsa,” ini dilengkapi berbagai fasilitas dan layanan yang melengkapi kebutuhan pengunjung. Di antaranya Darling, layanan mobil dongeng bagi anak dan remaja. Mobil Darling rutin keliling di wilayah Jatim dan siap menyapa masyarakatnya.

Selain itu, DPK Jatim juga memberikan layanan kemudahan bagi Pemustaka, dalam hal pengembalian buku yang dipinjam dengan sistem drive Thru. Juga ada program sosialisasi arsip lebih dekat dengan anak-anak melalui Wisata Arsip Anak Sekolah (WARAS). (Adv DPK Kaltim/Oen/M Jay)

Don`t copy text!