MEDIABORNEO.NET, JAKARTA – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim yang diwakili Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim, Rasman Rading melakukan konsultasi terkait pengembangan pemuda, sekaligus menyampaikan laporan kegiatan Dispora Kaltim kepada Kementrian Pemuda dan Olahraga, Selasa (28/11/2023).

Kehadiran rombongan Dispora Kaltim disambut oleh Sekretaris Deputi II Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora.

Dalam pertemuan tersebut turut disampaikan mengenai Rapat Kerja Kepemudaan se- Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yang segera digelar Pemprov Kaltim untuk menyambut Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal ini diinformasikan oleh Rasman Rading, selaku Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Provinsi Kaltim, saat menemui Subroto dan pihak terkait di Kemenpora.

Dalam pertemuan ini, Sekretaris Deputi II Bidang Pengembangan Pemuda didampingi oleh Khairil Adha, selaku Asisten Asdep Kemitraan Pemuda.

“Pak Subroto menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap komitmen dan konsistensi Pemerintah Provinsi Kaltim dalam melakukan berbagai upaya sistematis yang berkelanjutan terhadap pembinaan pemuda, mulai dari pembinaan kepemimpinan, kepeloporan, hingga kewirausahaan untuk kaum muda,” kata Rasman.

Lanjut, kata dia, termasuk memberikan apresiasi tinggi terhadap terbentuknya wadah berkumpulnya sejumlah Organisasi Kepemudaan berbasis usia 16 sampai 30 tahun, yaitu Forum Komunikasi Kepemudaan Kaltim dan diikuti Forum yang sama di tingkat kabupaten hingga kota.

Kemenpora, kata Rasman, mendukung kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Dispora Kaltim, yakni Rapat Kerja Kepemudaan dengan melibatkan pihak terkait kepemudaan. Yang mana ini merupakan salah satu kegiatan pertama kali yang dilakukan oleh Dispora se-Indonesia.

“Kegiatan ini momentum bagi organisasi pemuda di Kaltim untuk menuangkan ide guna memajukan daerah, agar siap menyambut IKN yang telah ditetapkan oleh Undang-undang, sehingga perlu kami sadari kegiatan seperti ini adalah sebagai contoh bagi Dispora di provinsi lain,” ujar Rasman.

Dikatakannya, setelah melakukan pertemuan dengan Subroto, ia kemudian melanjutkan pertemuan kedua, yakni bertemu dengan Suryati, selaku Sekretaris Deputi I (Pemberdayaan Pemuda), didampingi Rini selaku Asisten Deputi (Asdep) Organisasi Kepemudaan dan Kepramukaan serta Asdep Kreativitas Pemuda.

Pertemuan dengan Deputi I dan II tersebut, kata Rasman, dalam rangka untuk konsultasi terkait strategi pemerintah dalam rangka peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP), termasuk meminta untuk menjadi narasumber di acara Rapat Kerja Kepemudaan se-Kaltim pada 4-6 Desember 2023.

Rapat kerja kepemudaan mendatang akan melibatkan Dispora di kabupaten/kota, organisasi kepemudaan tingkat Kaltim, organisasi kepemudaan kabupaten/kota berdasarkan rekomendasi Dispora setempat, Forum Komunikasi Kepemudaan Kaltim yang wadah berkumpulnya pemuda, OPD terkait, serta para senior Majelis Pemuda Kaltim. (Oen/M.jay/Adv/Dispora Kaltim)

Don`t copy text!