MEDIABORNEO.NET, BERAU – Tim SAR gabungan berhasil menemukan jasad Abraham Gunawan (40), pria yang diterkam buaya saat buang air besar di Sungai Bengawan, Berau.

Korban ditemukan sekitar pukul 11.00 Wita, Senin (31/7/2023) sejauh 2 kilometer dari lokasi kejadian dengan kondisi mengenaskan, kaki sebelah kanannya hilang lantaran dimakan buaya.

Saat itu Tim SAR gabungan melakukan penyisiran di sekitar lokasi kejadian di Sungai Bengawan hingga Sungai Lati, menggunakan perahu. Pukul 11.00 Wita, Tim SAR gabungan melihat keberadaan seekor buaya di tepi sungai sedang melahap sesuatu. Setelah dilihat lebih dekat, ternyata sosok yang dimakan buaya berukuran sekitar 4 meter tersebut adalah jasad manusia yang diketahui adalah Abraham Gunawan.

Untuk mengalihkan perhatian dan mengusir buaya tersebut, Tim SAR gabungan mengeluarkan tembakan beberapa kali. Mendengar suara tembakan itu, sang buaya perlahan-lahan menjauh dari jasad korban dan kembali masuk ke dalam Sungai.

Setelah memastikan kondisi aman dan tidak ada lagi buaya lainnya di sekitar lokasi penemuan jasad Abraham Gunawan, Tim SAR gabungan langsung melakukan evakuasi.

“Korban ditemukan berjarak 2 kilometer dari lokasi kejadian. Korban sempat dibawa buaya itu turun dari Sungai Bengawan, lalu masuk ke Sungai Lati. Ini adalah sungai berbeda. Saat ditemukan itu, posisi korban masih dimakan buaya tersebut, ” kata Koordinator Unit Siaga SAR Berau, Ari Triyanto.

Menurut dia, saat ditemukan tersebut, kondisi jasad korban sudah tidak utuh. Dimana, pada bagian pangkal paha kanan hingga mata kaki sudah tidak ada.

“Dari pangkal paha kanan hilang, ” katanya.

Terkait dengan tembakan yang dilakukan oleh Tim SAR Gabungan, Ari Triyanto menjelaskan bahwa tembakan tersebut hanya untuk mengusir buaya tersebut.

Setelah berhasil dievakuasi, jasad korban langsung dibawa ke Kampung Baru, untuk kemudian dibawa ke Puskesmas sebelum akhirnya dikembalikan kepada pihak keluarga.

Ari Triyanto menambahkan, di lokasi kejadian memang menjadi habitat buaya, sehingga masyarakat diimbau agar tidak melakukan kegiatan di sekitar sungai guna menghindari terjadinya peristiwa berulang.

“Mulai dari muara sungai ada beberapa ekor kita jumpai buaya-buaya dengan ukuran 3 sampai 4 meter. Jadi memang habitatnya di sana, ” tandasnya.

Berita sebelumnya, Abraham Gunawan dilaporkan diterkam buaya saat buang air kecil di Sungai Bengawan, Berau.

Kejadian itu baru diketahui saudaranya setelah mendengar suara teriakan Abraham Gunawan dari arah sungai. Namun setelah dicari, ternyata Abraham tak ada. Justru yang ditemukan adalah bekas cakaran binatang buas.

Penulis : Koko
Editor : M Jay

Don`t copy text!