MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim mendorong penuh program – program pemberdayaan pemuda untuk menjadi lebih mandiri dan berdaya saing.

Dukungan tersebut juga diberikan kepada organisasi Pemuda Nasyiatul Aisyiyah Kaltim. Saat menerima audensi Ketua Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah (PW NA) Provinsi Kaltim Periode 2022-2026 Rini Astuti, didampingi Sekretaris Misbahul Afifah, dan Bendahara Deasy Nur Chairin, Senin (20/11/2023) .

Dikatakan Kepala Dispora Kaltim, HM Agus Hari Kesuma (AHK), bahwa berbagai bentuk pemberdayaan pemuda yang telah dan terus dilakukan oleh Dispora Kaltim diantaranya, seminar kewirausahaan, dan pelatihan kecakapan hidup atau life skill.

Kata dia, seminar kewirausahaan perlu dilaksanakan, mengingat kegiatan ini dinilai akan mampu membangkitkan semangat pemuda untuk berani tampil menjadi wirausahawan. Didukung dengan penyampaian pemateri yang datang, yang merupakan para pelaku usaha yang dimulai dari kecil yang kemudian sukses menjalankan usahanya hingga kini.

“Untuk pelatihan kecakapan hidup yang sudah kami laksanakan diantaranya, makeup artis, mengukir, menganyam, desain, dan sejumlah kecakapan hidup lainnya. Tujuannya adalah untuk memberikan bekal keterampilan hidup, agar bisa diterima di pasar kerja, sekaligus sebagai modal untuk usaha sendiri,” ujar AHK.

Sementara itu, Rini Astuti menyampaikan terima kasih atas penerimaan audensi, termasuk telah memberikan kesempatan berpartisipasi dalam kegiatan pembinaan kepemudaan, berupa kegiatan kewirausahaan kepada PW NA Kaltim.

Kehadiran Rini Astuti beserta tim ini sekaligus melaporkan SK kepengurusan baru Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah Periode 2022-2026, termasuk menyampaikan program kerja yang dijalankan di periode ini.

Program kerja yang disampaikan diharapkan bisa bersenergi dengan Pemerintah Provinsi Kaltim seperti Dispora, Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta Dinas Pendidikan.

Dirinya berharap, dapat bersinergi dengan dinas terkait karena berbagai program yang dirancang dalam periode ini juga bertujuan untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Pemuda melalui lintas sektoral pelayanan kepemudaan, khususnya pemudi yang difasilitasi oleh PW NA Kaltim. (Oen/M.Jay/Adv/Dispora Kaltim)

Don`t copy text!