MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) Kutim menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Pelaporan Keuangan kepada Ketua dan Bendahara Bumdes se-Kutim, di Hotel Harris Samarinda, Senin (20/11/2023).

Tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah dalam rangka meningkatkan kemampuan, pengetahuan, kapasitas pengurus Bumdes yang ada di wilayah Kabupaten Kutim.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten I Perekobang Seskab Kutim, Zubair.

Dalam sambutannya, Zubair menyampaikan apresiasinya atas pelaksanaan Bimtek. Menurut dia, Bimtek akan meningkatkan kemampuan Ketua dan Bendahara Bumdes menjadi lebih baik.

“Ini langkah nyata, satu aksi yang mewujudkan kemandirian masyarakat melalui Bumdes,” ujarnya.

Dirinya juga mendorong agar seluruh Bumdes di Kutim untuk benar-benar dapat memaksimalkan kegiatan tersebut. Nantinya juga harus dilakukan evaluasi.

“Karena peluang kita sangat besar, banyak faktor yang mendukung setiap desa,” katanya.

Bumdes, lanjutnya, harus bisa menatap masa depan untuk mempromosikan, serta menjual produk andalan di Ibu Kota Nusantara (IKN) kelak. Bumdes, kata dia, harus bisa memproduksi produk andalan skala besar secara terus menerus dan melibatkan masyarakat sekitar.

“BUkan hanya organisasi Bumdes yang berperan, tapi masyarakat juga harus dilibatkan untuk melakukan produksi, menciptakan kemandirian ekonomi mereka,” imbuhnya.

Kepala DPMDes Kutim, Yuriansyah mengatakan, melalui Bimtek ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, kapasitas dan kemampuan peserta dalam menyajikan laporan keuangan Bumdes yang transparan dan akuntabel.

“80 Bumdes aktif se-Kutim ikuti agenda ini,” tandasnya. (Oen/Adv)

Don`t copy text!