MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Anggota DPRD Kota Samarinda Fuad Fakhruddin mengatakan, kecenderungan generasi muda saat ini lebih banyak mengikuti trend digitalisasi.

Sehingga, kata dia, tidak dipungkiri banyak dari anak-anak hingga orangtua lebih banyak menghabiskan waktunya bermain gadget. Pemuda saat ini dinilainya sudah semakin jauh dari kegemaran membaca buku. Padahal, kata Fuad, dengan banyak membaca buku akan dapat menambah banyak wawasan.

“Kita sekarang ini tidak bisa dipungkiri. Dengan disuguhi permainan yang ditampilkan di gadget lebih menarik. Mereka tidak lagi membaca buku, datang ke perpustakaan atau ke toko buku untuk membaca, ” katanya.

Dikatakannya, walaupun dari media gadget bisa mendapatkan berbagai bahan bacaan maupun informasi, namun akan berbeda jika membaca buku secara langsung.

“Kita tahu sendiri, banyak hal yang kita tidak dapatkan secara umum dari membaca di gadget, tapi itu hanya tertuang di buku dan kita harus memberi dukungan pada pemerintah dan orangtua untuk melakukan sosialisasi kepada anak-anak untuk kembali meningkatkan rasa minat bacanya,” ujarnya.

Kepada Dinas Perpustakaan Kota Samarinda, Fuad mendorong untuk rutin menggelar event-event yang dapat meningkatkan literasi masyarakat.

“Diharapkan supaya perpustakaan mengadakan perlombaan-perlombaan literasi, mengadakan lomba baca puisi dan sebagainya yang dapat menggugah minat baca anak, ” katanya.

Termasuk, kata Fuad, melengkapi fasilitas, sarana dan prasarana perpustakaan, agar pengunjung semakin betah berlama-lama berada di perpustakaan.

“Bisa dengan membuat tempat-tempat yang nyaman, sediakan wifi khusus yang bisa membuka web tentang buku-buku bacaan dan membuat pojok baca, ” tutupnya. (Adv DPK Kaltim/Koko/M Jay)

Don`t copy text!