MEDIABORNEO.NET, Mewakili Gubernur Kaltim, Staf Ahli Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Provinsi Kaltim, Ririn Sari Dewi membuka acara Pameran dan Seminar Gerakan Kearsipan, yang digelar di Atrium Big Mall Samarinda, Sabtu (10/6/2023).

Dalam sambutan Gubernur, yang dibacakan Ririn Sari Dewi menyampaikan momentum peringatan Hari Kearsipan tahun 2023 diharapkan dapat menegakkan kembali komitmen negara dan seluruh identitas bangsa untuk berkolaborasi dan bekerja keras meningkatkan kualitas penyelenggaraan kearsipan yang jauh lebih komprehensif terpadu dan berkualitas.

Untuk itu, hendaknya dimulai dari pelajar yang menjadi generasi penerus bangsa untuk dapat membawa gerakan kearsipan menuju memori kolektif bangsa menuju gerbang Ibu Kota Nusantara di Kaltim.

“Kami titip sejarah perjalanan bangsa ini di pundak kalian sebagai estafet penerus dan penjaga warisan bangsa, ” pesannya.

Kepada masyarakat, Gubernur mengajak seluruh masyarakat untuk melaksanakan tertib arsip dan mampu bertransformasi digital.

Selain itu, seluruh perangkat daerah, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota harus melakukan gerakan kearsipan dengan sadar dan tertib, menuju transformasi digital yang terus berkembang saat ini dan ke depan.

“Ayo selamatkan arsip keluarga dan lestarikan arsip yang bernilai memori kolektif bangsa, ” imbaunya.

Pameran dan Seminar Gerakan Kearsipan tersebut merupakan acara yang digagas oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kaltim bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Samarinda dalam rangka memperingati Hari Kearsipan.

Pemukaan acara juga dihadiri oleh Direktur Kearsipan Wilayah 1 Arsip Nasional RI, Rudi Anton, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kaltim HM Syafranuddin, Sekretaris Daerah Kota Samarinda Hero Mardanus Satyawan, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Samarinda Erham Yusuf dan perangkat OPS dan instansi terkait. (Adv DPK Kaltim/M Jay)

Don`t copy text!