MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Di saat sebagian penumpang kapal KM Pantokrator sudah memasuki area kapal, tiba-tiba mereka digemparkan dengan kepulan asap tebal dan api, keluar dari dek 3 penumpang. Tak ayal, kepanikan terjadi, tidak hanya awak kapal, tetapi juga penumpang ikut berhamburan ke luar kapal.

Peristiwa tersebut terjadi saat kapal bersandar di Pelabuhan Samarinda Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Karang Mumus, Kecamatan Samarinda Kota, sekira pukul 10.45 Wita, Rabu (26/1/2022).

Berdasarkan informasi yang diterima dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Samarinda dan berbagai sumber menyebut bahwa, kapal yang rencananya akan berangkat dengan tujuan Samarinda-Pare-pare, Sulawesi tersebut rencananya akan berangkat pukul 14.00 Wita. Namun, ketika proses logistik barang sedang loading ke dalam kapal dan sebagian penumpang sudah masuk ke kapal, tiba-tiba asap putih kehitaman keluar dari dek 3, ruang penumpang VIP.

Mengetahui adanya kebakaran di dalam area kapal, penumpang dan awak kapal panik. Mereka berhamburan, berusaha keluar dari kapal.

Sementara itu, petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kota Samarinda bersama dengan unsur pemadam gabungan langsung merespon cepat kejadian kebakaran tersebut.

Sedikitnya 11 PMK gabungan Kota Samarinda, dengan 5 portabel dan bantuan relawan melakukan pemadaman api. Sekitar pukul 11.45 Wita, akhirnya api berhasil dipadamkan.

Akibat kejadian itu, sedikitnya satu ruangan VIP terbakar. Dugaan penyebab kebakaran hingga kini masih dalam penyelidikan kepolisian.

“Untuk penyebab kebakaran, masih ditangani oleh jajaran KP3 dan Syahbandar,” ucap Wakil Komandan Disdamkar Samarinda Sunardi Siman.

Tak hanya itu, akibat kebakaran, terpaksa kapal KM Pantokrator menunda keberangkatan. Dan seluruh penumpang yang sudah membeli tiket keberangkatan, akan dikembalikan dari pihak pengurus masing-masing penumpang.

Penulis : Koko
Editor : M Jay

Don`t copy text!