MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Anggota DPRD Kaltim Agus Aras menilai, perkembangan kemajuan teknologi digitalisasi saat ini juga mempengaruhi minat baca masyarakat.

Menurut dia, penggunaan digitalisasi oleh masyarakat bukan lagi hal baru, justru layaknya seperti kebutuhan hidup. Berbagai informasi pun mudah didapat hanya dengan membuka gadget.

“Kemajuan digitalisasi saat ini luar biasa. Masyarakat hanya menggunakan gadget miliknya sudah bisa mendapat berbagai informasi, membaca melalui informasi dari gadget yang ada, maka ini juga bisa meningkatkan literasi, ” katanya.

Politisi dari Partai Demokrat ini mengatakan, untuk bisa mendapatkan informasi atau membaca buku, sekarang ini masyarakat juga tidak perlu bersusah payah mengunjungi perpustakaan. Karena, masing-masing Dinas Perpustakaan sekarang mayoritas memiliki aplikasi digital yang bisa mengakses bahan bacaan yang diperlukan masyarakat. Bahkan jumlahnya ribuan.

“Dulu untuk bisa membaca buku, memang harus membeli atau datang ke perpustakaan untuk mencari referensi buku yang dibutuhkan, tapi dengan perkembangan zaman sekarang, keberadaan digitalisasi semakin memudahkan masyarakat mengakses buku-buku. Nah ini juga bisa mempengaruhi indikator penilaian literasi atau minat baca masyarakat, ” ujarnya.

Khususnya di Daerah Pemilihannya, yakni Bontang, Kutim dan Berau, Agus Aras menilai, tingkat literasi masyarakat terus meningkat. Kendati demikian, dirinya mendorong kepada OPD terkait untuk membuat program ataupun inovasi-inovasi terbaru untuk mendongkrak minat baca masyarakat.

“Khususnya di kalangan pelajar, dengan memperkenalkan sejak dini buku-buku kepada anak-anak, mereka kemudian akan tumbuh minat bacanya. Dari sana wawasan akan terbuka dan anak bangsa akan tumbuh cerdas. Untuk itu, mari OPD terkait untuk terus berupaya, berinovasi meningkatkan minat baca generasi muda,” imbuhnya.

Dia menambahkan, adalah tanggungjawab pemerintah melalui instansi terkait untuk terus melakukan upaya peningkatan literasi, sementara anggota DPRD akan memenuhi tugas dan kewenangannya. (Adv DPK Kaltim/Pendidikan/M Jay)

Don`t copy text!