MEDIABORNEO.NET, KUKAR – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop-UKM) RI menyatakan kesiapannya mendukung pengembangan hilirisasi sektor pertanian.

Pernyataan ini disampaikan langsung oleh Deputi Bidang UKM, Kemenkop-UKM, Hanung Harimba Rachman saat mengunjungi Kukar belum lama ini. Kunjungan Hanung beserta rombongan disambut oleh Bupati Kukar, Edi Damansyah.

Edi meminta, agar Kemenkop-UKM dapat membantu Pemkab Kukar dalam membangun pabrik industri rumput laut yang terletak di Kecamatan Muara Badak, serta pengembangan pabrik tepung jahe dan minyak atsiri yang ada di Desa Jonggon Jaya, Kecamatan Loa Kuku.

“Saya meminta pendampingan dari Kemenkop-UKM untuk pabrik rumput laut di Muara Badak. Pengadaan mesinnya sendiri saat ini memasuki proses lelang,” kata Edi.

Dibangunnya dua pabrik ini diharapkan mampu membawa kesejahteraan kepada para petani setempat, serta mampu meningkatkan ekonomi kerakyatan.

Dengan adanya pendampingan langsung dari Kemenkop-UKM, Edi berharap juga mampu memberikan dorongan akselerasi pengembangan hilirisasi produk pertanian di Kukar.

Permintaan ini kemudian direspon dengan positif oleh Hanung, yang menyatakan siap membantu dan mendampingi Pemkab Kukar dalam proses pembangunan dan pengembangan pabrik di dua kecamatan tersebut.

Dukungan diberikan, agar program yang dijalankan Pemkab Kukar dapat berjalan dengan baik. Mengingat program Pemkab Kukar sejalan dengan Kemenkop-UKM, yaitu dalam hilirisasi untuk merangkul seluruh pelaku UMKM di daerah.

“Kemenkop-UKM siap membantu apa yang diinginkan Pemkab Kukar. Saya akan mengutus tim yang nantinya untuk melakukan pendampingan,” pungkasnya. (Aan/Jay/Adv/Diskominfo Kukar)

Don`t copy text!