MEDIABORNEO.NET, BALIKPAPAN – Kecelakaan maut yang merenggut banyak nyawa kembali terjadi di sekitar lampu merah, Muara Rapak, Balikpapan, sekitar pukul 06.15 Wita, Jumat (21/1/2022).

Akibat kejadian tragis tersebut, sedikitnya 4 orang meninggal, 4 orang dalam keadaan kritis dan 26 orang mengalami luka ringan.

Informasi yang dihimpun, pagi itu sekitar pukul 05.00 Wita, mobil truk tronton KT 8534 AJ yang dikemudikan MA, warga Jalan Tanjung Pura, Kelurahan Telaga Sari, Kecamatan Balikpapan Kota bergerak dari Jalan Pulau Balang, Balikpapan Utara bermaksud menuju ke daerah Kampung Baru, Balikpapan Barat.

Saat itu, mobil truk tronton tengah mengangkut kontainer 20 Fit, yang berisi kapur pembersih seberat 20 ton.

Perjalanan yang awalnya lancar saja, ternyata berakhir dengan nestapa. Pasalnya, tepat di jalur menurun daerah Rapak sebelum lampu merah, mendadak AJ kehilangan kendali truknya. Truk yang dikemudikannya tiba-tiba “bablas”, karena rem tak berfungsi.

Tak ayal, meluncur bebas ke bawah “menyapu” seluruh kendaraan yang ada di turunan jalur tersebut, termasuk  kendaraan yang berhenti di traffic light Muara Rapak.

Dan “braakkkkkk”, seluruh kendaraan ditabrak oleh truk tronton yang dikemudikan MA, yang merupakan buruh harian lepas tersebut.

Pemandangan berdarah dan suasana mencekam terjadi saat itu. Banyak kendaraan beserta penumpangnya tergeletak bersimbah darah di jalan.

Warga sekitar serta pengguna jalan yang melihat kejadian tersebut dibuat kaget dan panik melihat situasi tersebut, sebagian mereka berupaya melakukan pertolongan kepada korban yang masih bisa diselamatkan.

Akibat kejadian itu, tak hanya korban jiwa yang berjatuhan, termasuk kerusakan material menjadi catatan. Yaitu, 6 kendaraan roda empat , 2 unit angkot, 2 unit mobil pribadi, 2 unit pick up, dan 14 unit roda dua rusak parah. Selain itu, lampu merah roboh dan pagar pembatas jalan rusak parah.

Seluruh korban, sudah ditangani medis di RSUD Kanujoso Balikpapan dan RSU Beriman Balikpapan.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kaltim HM Sa’bani mengucapkan belasungkawa atas peristiwa tersebut.

“Kami sangat prihatin dan berbelasungkawa atas kejadian itu. Semoga diberi kesabaran,” ucapnya, ditemui usai menghadiri HUT Kota Samarinda ke-62, Jumat (21/1/2022).

Penulis : Koko
Editor : M Jay

Don`t copy text!