MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPK) Kaltim HM Syafranuddin mengatakan, pihaknya memerlukan koleksi buku-buku mengenai sejarah seluruh kerajaan yang ada di Kaltim. Untuk itu, komunikasi dan kerjasama terus dibangun kepada pihak-pihak kesultanan yang ada di Kaltim.

“Ya, kami akan segera berkomunikasi dengan kesultanan yang ada di Kaltim. Saya mendapatkan informasi dari staf kami, bahwa sudah ada permohonan kerjasama yang mendapatkan persetujuan dari dua kesultanan, yaitu Kesultanan Gunung Tabur dan Kesultanan Sambaliung dari Kabupaten Berau. Alhamdulillah dua kesultanan ini memberikan respon yang baik, untuk kami bisa mengakses dokumen atau buku koleksi sejarah yang dimiliki oleh kesultanan ini,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya.

Sementara, ditanya mengenai kerjasama yang dilakukan dengan Kesultanan Kutai Kartanegara untuk koleksi buku sejaran, diakui mantan Kepala Biro Administrasi dan Pimpinan (Adpim) Setdaprov Kaltim ini belum dilakukan. Namun ke depan, pihaknya telah berencana untuk melakukan silaturahmi kepada pihak Kesultanan Kutai Kartanegara tersebut.

“Untuk kesultanan yang terdekat ini sebenarnya Kesultanan Kutai Kartanegara, tapi memang belum ada kerjasama. Tapi kami sudah rencanakan untuk dapat bersilaturahmi, termasuk kesultanan lain yang ada di Kaltim,” tutupnya. (Adv47/Koko/Oen)

Share
Don`t copy text!