MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPK) Kaltim berharap mendapat kemudahan akses pemanfaatan koran fisik, koran elektronik, koran digital dan e-paper dari seluruh media cetak dan media online yang ada di Kaltim.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kaltim HM Syafranuddin mengatakan, DPK Kaltim juga memiliki berbagai koleksi koran, majalah hingga tabloid. Namun untuk pengadaannya sejak dahulu harus merogoh kocek DPK sendiri. Padahal kata dia, sebagai instansi perpustakaan, pihaknya dituntut untuk memiliki koleksi dokumen maupun buku, koran dan sejenisnya.

“Selama ini DPK selalu pengadaan sendiri untuk arsip koran seperti ini. Padahal ini sangat penting dan banyak dicari oleh pemustaka. Padahal sebenarnya bisa saja kami dapatkan dengan gratis untuk koran-koran ini karena memang ada aturannya, tapi yang terjadi kami selalu berlangganan setiap hari dan ini kan harus disiapkan penganggarannya, ” ujarnya pada Mediaborneo.net.

Untuk pemenuhan koleksi koran inilah, akhirnya DPK Kaltim membuat surat kepada seluruh pemilik media di Kaltim, untuk mendapatkan kemudahan akses pemanfaatan koran.

“Kami sudah bersurat kepada media-media yang ada di Kaltim. Jadi, tujuannya adalah mengoptimalkan penyediaan informasi bahan bacaan di Perpustakaan Daerah, ” katanya.

“Harapan kami, apa yang kami harapkan ini mendapat dukungan dari seluruh media yang ada di Kaltim, ” tutupnya. (Adv38/Koko/M Jay)

Don`t copy text!