MEDIABORNEO.NET, KUKAR – Berbagai Sumber Daya Alam (SDA) berada di Kecamatan Muara Jawa, Kukar. Potensi ini tentu dapat menjadi sektor penggerak perekonomian bagi masyarakat.

Camat Muara Jawa, Safruddin menjelaskan, wilayah yang berada di pesisir Kukar itu, terdapat kekayaan alam di antaranya, minyak, gas, dan batu bara.

Selain itu, Muara Jawa juga menjadi daerah dengan penghasil produk pertanian di Kukar.

“Kemudian juga ada peternakan, perkebunan, perikanan yang juga lumayan potensial,” ucapnya, Jumat (10/11/2023).

Hal itu menjadi kelebihan tersendiri bagi Kecamatan Muara Jawa. Bukan hanya menjadi penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kukar, namun mampu menopang pendapatan masyarakat setempat melalui UMKM.

Kini guna memaksimalkan berbagai potensi yang ada itu, Pemerintah Muara Jawa telah berkoordinasi dengan Pemkab Kukar guna menghadirkan sarana dan prasarana yang layak bagi masyarakat. Salah satunya, perbaikan infrastruktur jalan usaha tani.

“Kami juga beberapa kali berikan bantuan kepada petani, peternak, pembudidaya ikan untuk pemenuhan kebutuhan mereka,” ungkapnya.

Safrudin berharap, dengan berbagai potensi dan support yang kini pihaknya lakukan, dapat menjadi pengaruh bagi pengembangan Kecamatan Muara Jawa.

Menurutnya, berbagai sektor itu harus mendapat perhatian penting. Sebab, tak lama lagi wilayah yang tak jauh dari Ibu Kota Nusantara (IKN) itu akan menjadi daerah penopang bagi kebutuhan IKN.

“Harapannya potensi ini bisa benar-benar berkembang karena memang posisi kita kan juga bagian dari IKN,” tutupnya. (Aan/M. Jay/Adv/Diskominfo Kukar)

Don`t copy text!