MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Pemkab Mahakam Ulu menindaklanjuti saran yang disampaikan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kaltim serta Perpustakaan Nasional untuk dibentuknya Dinas Perpustakaan di kabupaten tersebut.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Mahakam Ulu Agustinus Teguh Santoso menyampaikan, pihaknya secara khusus akan melakukan evaluasi kelembagaan perpustakaan di Mahakam Ulu.

Untuk itu, kata dia, pihaknya juga akan melakukan revisi Peraturan Daerah (Perda) terkait kelembagaan di Pemkab Mahakam Ulu.

“Kami baru menyadari akan pentingnya keberadaan sebuah perpustakaan umum. Selama ini kami terbentur dengan SDM dan keuangan, namun apa yang disarankan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah serta Perpustakaan Nasional akan menjadi perhatian serius kami, ” ucapnya saat menerima kunjungan kerja Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kaltim HM Syafranuddin dan Pustakawan Ahli mAdya Perpustakaan Nasional Budi Kusumawardani, Senin (5/9/2022).

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kaltim HM Syafranuddin menyampaikan, OPD yang dipimpinnya telah memprogramkan peningkatan SDM di Kabupaten Mahakam Ulu melalui kegiatan peningkatan gemar membaca, serta memberikan layanan kemudahan masyarakat untuk mendapatkan bahan bacaan.

“Pemerataan pembangunan keperpustakaan dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah sesuai visi misi pertama Gubernur Isran Noor dan Wakil Gubernur Hadi Mulyadi. Oleh karenanya, diupayakan jangkauan layanan hingga desa terpencil di Mahakam Ulu, agar kualitas warga Kaltim terus meningkat, ” tuturnya.

HM Syafranuddin menyebut, dukungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah dan Perpustakaan Nasional lebih banyak untuk meningkatkan peran kelembagaan terkait Perpustakaan di Mahakam Ulu untuk bisa lebih ditingkatkan.

Masih kata dia, layanan keperpustakaan yang berada di bawah Unit Kesra Setda Mahakam Ulu diharapkan nantinya dapat berada di bawah OPD seperti Dinas Pendidikan, atau bahkan membentuk OPD tersendiri.

Pustakawan Ahli Madya Perpustakaan Nasional Budi Kusumawardani menambahkan, kelembagaan perpustakaan di Kabupaten Mahakam Ulu dapat ditingkatkan dengan dukungan Perpustakaan Nasional, dengan suport anggaran sebesar Rp 10 miliar.

“Perpustakaan Nasional berharap, di Mahakam Ulu memiliki kualitas SDM yang lebih baik dan lebih banyak. Selain itu minat baca masyarakat lebih baik, ” imbuhnya.

Editor : Oen

Don`t copy text!