MEDIABORNEO.NET, KUKAR – Event Kukarland Festival 2023 membawa keberkahan bagi banyak pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berjualan di stand booth di sekitar lokasi acara, di Stadion Aji Imbut, Tenggarong Seberang, Kukar.

Event Kukarland Festival 2023 yang berlangsung sejak tanggal 22 sampai 23 September 2023 ini mampu menarik perhatian masyarakat, lantaran menghadirkan hiburan rakyat yang diisi oleh penampilan sejumlah artis ibu ternama.

Event ini juga mampu membuat perputaran uang sangat cepat, bahkan mencapai miliaran rupiah. Hal ini juga dibenarkan Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Rendi Solihin.

Dia menyebut, selama berlangsungnya event Kukarland Festival membawa dampak positif perekonomian masyarakat.

Rendi Solihin mengatakan, jika satu pengunjung datang dan berbelanja dikali jumlah pengunjung yang hadir sekitar ratusan ribu orang, maka setiap malamnya omzet pelaku UMKM bisa mencapai miliaran rupiah.

Informasi yang diterima, perputaran uang di hari pertama dan kedua event Kukarland Festival 2023 menembus angka Rp 34 miliar.

“Saya dengar langsung dari pedagang bahwa dagangan mereka sudah habis, laris manis sejak sore, ” katanya.

Seluruh stand booth yang disediakan dalam event Kukarland Festival 2023 tidak dipungut biaya alias gratis. Tujuannya adalah dalam rangka pemulihan ekonomi pelaku UMKM pasca pandemi COVID-19.

“Kami sediakan stand booth bagi UMKM dengan gratis. Mereka dapat berjualan dengan tenang tanpa harus memikirkan biaya sewa, ” ujarnya.

Pada event Kukarland Festival 2023, Rendi Solihin menyebut, masyarakat sangat antusias datang dan menyaksikan event tersebut. Untuk itu, pihaknya memastikan akan kembali melaksanakan event serupa tahun depan dengan lebih meriah lagi.

“Saya pastikan tahun depan acara Kukarland akan dilaksanakan lagi dan lebih meriah, talentnya juga akan lebih banyak, ” katanya.

Siti, pelaku UMKM yang ikut menjajakan dagangannya pada event Kukarland Festival 2023 mengaku senang dengan dilaksanakan event tersebut. Menurutnya, seluruh dagangannya laris.

“Saya salut dengan kepemimpinan Edi-Rendi yang terus memprioritaskan pelaku UMKM dengan menyediakan stand booth gratis untuk pedagang kecil, ” katanya.

Siti berharap, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar akan semakin memperhatikan pelaku UMKM yang ada di Kukar. Siti juga berharap, event-event serupa akan sering digelar di Kukar, sehingga dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat.

“Dengan banyaknya kegiatan yang diselenggarakan pemerintah, otomatis para pedagang senang, karena bisa berjualan, ” tandasnya.

Editor : M Jay

Share
Don`t copy text!