MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Gemar mengunjungi dan membaca buku di perpustakaan harus ditumbuhkan sejak usia ini, sehingga nantinya kecintaan akan literasi semakin terpupuk hingga dewasa.

Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Samarinda Deni Hakim Anwar  mengajak masyarakat Kota Samarinda untuk mengunjungi Gedung Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Samarinda. Menurutnya, perpustakaan menjadi jendela ilmu untuk memperluas wawasan.

Selain itu, kata dia, dengan berkunjung ke perpustakaan, maka Pemustaka akan mendapatkan berbagai macam bahan bacaan dengan mudah, sesuai kebutuhannya.

Susana membaca buku di perpustakaan, lanjut Deni, juga berbeda jika kita membaca buku di rumah, ataupun di toko buku.

“Saya lebih senang membawa anak-anak untuk datang berkunjung ke perpustakaan. Karena, dengan datang langsung ke perpustakaan, maka kita akan mendapatkan suasana berbeda, dibanding ketika kita membaca buku di rumah atau di toko buku, ” katanya.

Memang kata dia, saat ini banyak perpustakaan yang menawarkan layanan jemput bola buku melalui kurir. Dimana, masyarakat tidak perlu dibuat repot untuk datang langsung ke perpustakaan untuk membaca atau meminjam buku maupun mengembalikan buku yang dipinjam. Karena saat ini beberapa perpustakaan telah menerapkan sistem kurir peminjaman dan pengembalian buku.

“Memang ada yang menerapkan bisa meminjam buku di perpustakaan tanpa dia harus datang, tapi dia mengirim kurir, ” katanya.

Dengan kemudahan layanan yang diberikan perpustakaan kepada masyarakat, Deni menyakini hal tersebut adalah bertujuan untuk semakin mendekatkan masyarakat pada literasi.

“Membaca buku, baik langsung di perpustakaan ataupun dengan memanfaatkan layanan kurir itu adalah masing-masing mana yang dipilih. Yang terpenting adalah bagaimana agar literasi masyarakat dan minat baca terus meningkat, agar masyarakat kita menjadi masyarakat yang cerdas, ” pungkasnya. (Adv DPK Kaltim/Koko/M Jay)

Don`t copy text!