MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Samarinda terus berkomitmen untuk memberikan layanan kepada seluruh masyarakat, termasuk penyandang disabilitas.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Samarinda Erham Yusuf mengatakan, pihaknya telah menyusun rencana dan telah mematangkan rencana tersebut untuk melengkapi perpustakaan dengan fasilitas, sarana dan prasarana penunjang yang dibutuhkan oleh penyandang disabilitas.

Namun kata dia, penyiapan fasilitas tersebut akan dilakukan secara bertahap dan menyesuaikan anggaran yang ada.

“Kalau untuk buku-buku yang ada di Dispusip Samarinda sudah ada yang bisa untuk teman-teman kita penyandang disabilitas. Fasilitas, sarana dan prasarana penunjang lainnya akan dipenuhi secara bertahap. Termasuk gedung kita buat agar ramah bagi peyandang disabilitas, landskipnya juga sudah ada,” ujarnya, saat ditemui usai menghadiri kegiatan yang dilaksanakan di Taman Cerdas, beberapa waktu lalu.

Tak hanya itu saja, untuk memberikan suasana yang lebih nyaman bagi pengunjung, Dispusip Samarinda, lanjut dia, telah merancang mengembangkan bagian lahan kosong yang ada di sekitar gedung Dispusip untuk dimanfaatkan sebagai cafe-cafe.

Dikatakannya, pengembangan tersebut juga untuk menarik minat masyarakat berkunjung ke perpustakaan, serta menghidupkan ekonomi masyarakat.

“Saya juga sudah menjajaki dengan pihak ketiga, karena itu nanti kalau malam, akan hidup nuansa lampu, ada yang buka cafe, cuma akan kita atur nantinya aturannya seperti apa, bagimanana supaya memperkuat keberadaan perpustakaan itu sendiri,” pungkasnya. (Adv DPK Kaltim/Koko/M Jay)

Don`t copy text!