MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – SMK Muhammadiyah 2 Samarinda bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dipursip) Kota Samarinda dalam rangka peningkatan sumber daya manusia, sekaligus menumbuhkembangkan kompetensi literasi.

Dalam paparannya terkait profil Perpustakaan Umum Kota Samarinda, Kepala Bidang Layanan dan Pelestarian Bahan Pustaka Dipursip Kota Samarinda Eddy Wakhyudi menyampaikan peranan Dipursip Kota Samarinda untuk peningkatan literasi, sekaligus peningkatan SDM lokal.

Melalui kerjasama antara SMK Muhammadiyah 2 Samarinda dan Dipursip Kota Samarinda, dirinya berharap, tingkat kunjungan siswa ke Gedung Perpustakaan Kota Samarinda semakin intens.

“Perpustakaan menjadi tempat untuk mencari berbagai literatur, sekaligus sebagai wahana untuk mengemukakan gagasan, ” katanya.

Harapan tersebut juga disambut baik oleh Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 2 Samarinda. Dimana, keberadaan perpustakaan diharapkan dapat menjadi jembatan bagi siswa dan sekolah untuk meningkatkan kompetensi dalam menghadapi tantangan dan persaingan dunia kerja ke depan.

Selain dilaksanakan penandatanganan kerjasama antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Samarinda dan SMK Muhammadiyah 2 Samarinda, juga dilaksanakan study tour perpustakaan oleh siswa SMK Muhammadiyah 2 Samarinda.

Tour perpustakaan tersebut dibimbing oleh Pustakawan Dipursip Kota Samarinda. Para siswa diajak untuk mengeksplorasi seluruh fasilitas yang ada di Perpustakaan Kota Samarinda.

“Kepada mereka disampaikan mekanisme dan alur pendaftaran menjadi anggota perpustakaan. Kemudian bagaimana melakukan pencarian judul buku pada e-catalog dan diajak untuk melihat fasilitas ruang media yang sejuk, nyaman, representatif untuk menyelesaikan tugas sekolah atau sekedar untuk browsing berbagai sumber pengetahuan, ” kata Pustakawan Dipursip Kota Samarinda Lily. (Adv DPK Kaltim/Koko/M Jay)

Don`t copy text!