MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Penerbit Erlangga menggelar Workshop Penulisan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), di Aula Gedung Penerbit Erlangga, Jalan Bung Tomo, Samarinda Seberang pada Sabtu (18/3/2023).

Mewakili Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPK) Kaltim, Kepala Bidang BP3KM Taufik resmi membuka kegiatan workshop yang diikuti sebanyak 250 peserta dari perwakilan sekolah tingkat SD hingga SMP di Samarinda.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kota Samarinda Asli Nuryadin, Kepala Balai Guru Penggerak Kaltim Wiwik Setiawati, Kepala Penerbit Erlangga Cabang Kalimantan Dodi Wahyudi.

Dua narasumber turut dihadirkan yakni, Ketua MGMP IPS SMP Kota Samarinda Herlina Sumanti dan Sotinsia Desi Latsari, seorang guru Penggerak dan Penulis Soal Standar Nasional.

Dalam sambutan tertulisnya, Kepala DPK Kaltim mengapresiasi terlaksananya kegiatan workshop tersebut.

Dikatakan, AKM adalah program baru pengganti Ujian Nasional (UN). Namun peran yang sama dengan UN, sebagai evaluasi prestasi dan hasil belajar siswa.

AKM menyajikan beragam masalah dengan konteks yang berbeda-beda, yang nantinya diharapkan mampu untuk dituntaskan berbagai persoalan oleh peserta didik berdasarkan kemampuan literasi dan numerik yang siswa miliki.

Dia juga mengingatkan pentingnya AKM dengan melandaskan literasi. Sebab, literasi merupakan gerbang dalam sistem AKM untuk melihat tolok ukur guru dalam proses penyampaian materi pembelajaran pada siswa.

“Kegiatan seperti ini perlu dilaksanakan untuk mematangkan program AKM di lingkungan sekolah. Kegiatan ini juga mampu mengasah keterampilan tenaga didik dalam proses mengajar di lingkup sekolah,”katanya. (Adv DPK Kaltim/Koko/M Jay)

Don`t copy text!