MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Ruang Layanan Anak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPK) Kaltim memiliki koleksi buku sebanyak 121.000 judul.

Ruang layanan ini berada di lantai 1, didesain dengan suasana yang nyaman, ruangan yang luas untuk membuat betah anak-anak yang datang berkunjung.

Pustakawan di ruang Layanan Anak DPK Kaltim, Nurma Nita mengatakan, hampir setiap hari kerja, di ruangan tersebut menerima kunjungan dari siswa siswi sekolah yang melaksanakan study tour perpustakaan. Selain itu, banyak juga orangtua yang mengajak anak-anaknya untuk membaca buku.

Agar anak-anak semakin betah berlama-lama membaca buku di ruangan Layanan Anak, berbagai judul buku anak disiapkan, mulai dari buku cerita, buku dongeng, buku puisi dan buku-buku pelajaran.

“Ini ruangan khusus anak-anak dari usia PAUD sampai SD. Bukunya khusus anak, dari buku pelajaran, buku cerita, dongeng, puisi dan lain sebagainya. Hanya saja kalau buku pelajaran, adanya buku lama, sedang kalau untuk buku kurikulum yang baru, sebagian saja. Jadi lebih banyak kurikulum lama,” terangnya.

Menurut Nurma Nita, ratusan ribu buku yang ada di ruang Layanan Anak mayoritas adalah buku-buku lama.

“Buku yang baru hanya tematik, sekitar 100 eksemplar lebih, tidak sampai 200 lebih eksemplar. Kalau untuk buku baru dari judul hanya 2 sampai 4 judul, sedangkan untuk exsamplarnya tidak sampai 200 ekseplar. Kalau total buku ada 121.000,” sebutnya.

Dia menambahkan, DPK Kaltim memang sengaja mendesain ruang Layanan Anak lebih nyaman dan luas. Karena biasanya bagi kegiatan kunjungan siswa siswi sekolah juga dilakukan beberapa kegiatan, seperti mendongeng, bercerita, lomba ringan dan sebagainya.

“Di ruangan ini memang dibuat bernuasa anak-anak dan tidak disekat-sekat dan dibatasi, karena peruntukkanya untuk anak-anak,” pungkasnya. (Adv DPK Kaltim/Koko/M Jay)

Don`t copy text!