MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Anggota DPRD Kaltim Sutomo Jabir mendorong seluruh akademisi Kaltim untuk turut terlibat aktif dalam proses pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang sangat ini tengah dilaksanakan.

Dia menilai, para akademisi di Kaltim memiliki kemampuan yang sebanding dengan provinsi lain, sehingga layak untuk dilibatkan dalam pembangunan IKN.

Kita ketahui, sejak ditetapkan sebagai IKN, berbagai proyek pembangunan dilakukan di IKN. Mulai dari rumah sakit, sekolah, lembaga perbankan, hotel dan sebagainya untuk mendukung Ibu Kota Nusantara.

Sutomo Jabir menyebut, dengan melibatkan akademisi lokal dalam pembangunan IKN Nusantara adalah penting. Para lulusan dengan latar belakang insinyur dari kota-kota besar atau universitas terkemuka diharapkan bisa memberikan kontribusi sesuai dengan keahlian mereka.

“Mereka perlu dilibatkan secara aktif dalam proses pembangunan IKN Nusantara, dan saya rasa, kualitas mereka cukup mumpuni. Apalagi, jika jurusan yang mereka ambil sesuai dengan kebutuhan SDM di sana,” ujarnya.

Dikatakan, keputusan Presiden Joko Widodo untuk memindahkan IKN ke Benua Etam, yang merupakan julukan untuk Kaltim, akan memberikan kesempatan positif bagi masyarakat setempat. Ini dianggap akan mempercepat proses pembangunan.

Untuk itu, Sutomo Jabir meminta kepada anak muda serta lulusan Kaltim yang memiliki pendidikan tinggi untuk aktif berpartisipasi dalam pemindahan pusat pemerintahan Indonesia ke Kaltim, berkontribusi sebaik mungkin dalam proses ini.

“Mari setiap anak muda, putra-putri Kaltim yang memiliki pendidikan yang tinggi. Kita harapkan ikut berpartisipasi memberikan kontribusi terbaiknya dalam pemindahan pusat pemerintahan Indonesia ke Kaltim,” tutupnya. (Hk/M. Jay/Adv/DPRD Kaltim)

Don`t copy text!