MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Gara-gara adanya gangguan sistem interkoneksi Kalimantan pada PLN, 8 dari 16 Gardu Induk (GI) di Kalimantan Timur (Kaltim) terdampak. Akibatnya, nyaris seluruh daerah gelap sejak pukul 16.28 Wita, Selasa (5/7/2022).

Namun sejak pukul 18.00 Wita, pihak PLN kembali berhasil memulihkan tegangan listrik yang ada dan kembali menyalurkan listrik kepada pelanggan secara bertahap.

“Pasca terjadinya gangguan pada Sistem Interkoneksi Kalimantan sekitar pukul 16.28 Wita tadi, dapat kami sampaikan bahwa pukul 18.00 Wita, pemulihan pada pelanggan terdampak di Kalimantan Timur sudah berprogres sebesar 50 persen,” terang Humas PLN UIW Kaltimtara Tri Sunardi, saat dikonfirmasi pada Selasa malam (5/7/2022).

Dijelaskannya, dari 16 Gardu Induk yang ada di Kalimantan Timur, 8 diantaranya ikut terdampak, akibat gangguan sistem interkoneksi tersebut.

“8 Gardu Induk terdampak di Kalimantan Timur telah bertegangan dan siap menyalurkan kembali tegangan listrik yang sempat hilang, pasca gangguan. Progres penormalan akan kembali kami update kemudian,” bebernya.

“Atas kejadian ini, PLN memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Mohon doa dan dukungan agar sistem kelistrikan interkoneksi Kalimantan segara normal,” pungkasnya.

Penulis : Han
Editor : Oen

Don`t copy text!