MEDIABORNEO.NET, PPU – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim memberikan perhatian besar atas pelaksanaan pemilihan Kepala Desa (Kades) serentak di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Minggu (29/10/2023), seperti yang dilaksanakan Desa Sidorejo, Kecamatan Penajam, Kabupaten PPU untuk memilih Kepala Desa.

Untuk informasi, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Desa Sidorejo sebanyak 1.850 orang yang tersebar di lima TPS. Proses pemungutan suara berjalan lancar dan kondusif, dimulai sejak pukul 07.00 hingga 13.00 Wita.

“Alhamdulillah sejauh ini, pemungutan suara di TPS 4 berjalan dengan aman dan kondusif,” kata Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 4 Desa Sidorejo, M Norcahyono.

Sementara itu, Pj Bupati PPU, Makmur Marbun turut meluangkan waktunya untuk datang langsung ke beberapa lokasi TPS pemilihan Kades, guna memastikan pelaksanaan pemungutan suara di desa setempat berjalan aman dan lancar.

Dalam kesempatan tersebut juga dimanfaatkan Pj Bupati untuk berdialog dengan masyarakat, serta panitia penyelenggara.

Pada pemilihan Kepala Desa ini, ada sebanyak 51 calon dari 14 desa di Kabupaten PPU sudah melaksanakan masa kampanye selama tiga hari dan dilanjutkan masa tenang selama tiga hari sebelum pelaksanaan pemungutan suara.

DPMD Kabupaten PPU sebelumnya telah menetapkan sebanyak 30.126 data pemilih tetap (DPT), dengan 61 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 14 desa yang melaksanakan pemilihan.

DPT Pilkades sebanyak 30.162 pemilih terdiri dari 15.448 jiwa pemilih laki-laki dan pemilih perempuan 14.634 jiwa.

Sebanyak 14 desa tersebut yakni Desa Sidorejo dan Giripurwa di Kecamatan Penajam, serta Desa Bangun Mulya di Kecamatan Waru. Kemudian Desa Labangka, Gunung Intan, Rintik, Gunung Mulia dan Desa Labangka Barat di Kecamatan Babulu, serta Desa Bumi Harapan, Argo Mulyo, Semoi Dua, Suko Mulyo, Karang Jinawi dan Desa Telemow di Kecamatan Sepaku.

Data DPMD Kabupaten PPU, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari 14 Desa yang tersebar di seluruh kecamatan PPU sebanyak 30.155 jiwa, yang terdiri dari pemilih Laki-Laki 15.448 dan pemilih perempuan 14.634 jiwa serta akan disediakan sebanyak 61 TPS. (Oen/Adv)

Share
Don`t copy text!