MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – 4 unit bangunan kios dan 1 unit rumah tunggal milik masyarakat yang ada di Jalan Jakarta Blok AB RT 53, Kelurahan Loa Bakung, Kecamatan Sungai Kunjang terbakar, sekira pukul 07.20 Wita, Senin (24/10/2022).

Musibah kebakaran yang diduga terjadi karena adanya korsleting listrik ini juga menyebabkan 2 bangunan lain ikut terdampak. Tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam musibah ini, tapi total nilai kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Adam, salah satu warga mengatakan, sebelum kejadian dirinya sedang menikmati sarapan di kiosnya. Belum lagi selesai, tiba-tiba ada seorang karyawan dari kios minuman jus mendatanginya dan memberitahu bahwa ada api di kios. Padahal ketika itu kios masih belum memulai aktivitas.

Kontan Adam kaget dan berlari menuju ke kios minuman jus yang letaknya hanya beberapa meter dari kiosnya. Kondisi pintu rolling door kios minuman jus saat itu sudah terbuka sedikit, dari arah dalam terlihat api sudah membesar.

“Tadinya saya sedang makan, terus ada karyawan dari kios jus minta tolong, katanya ada api di dalam. Saya lari ke sana, buka pintu, api sudah besar di dalam. Saya ambil air pakai ember, tapi tidak cukup. Saya ke kios saya untuk menyelamatkan barang-barang sama istri,” ujarnya.

“Waktu kejadian itu memang kios masih tutup, libur. Pas anak buahnya datang, buka pintu baru lihat, ” sambungnya.

Sementara itu, api terus membesar, merembet dari satu bangunan ke deretan bangunan lain yang ada di sebelahnya.

Puluhan petugas pemadam kebakaran yang tergabung dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Samarinda, Satuan PMK swasta, Redkar Samarinda dan relawan berupaya keras memadamkan api. Akhirnya sekitar pukul 09.00 Wita api berhasil dikuasai.

Informasi yang diterima dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Samarinda, dugaan sementara penyebab kebakaran dikarenakan terjadinya korsleting listrik dari salah satu kios minuman. Namun penyebab kepastian kebakaran masih diselidiki kepolisian.

“Total ada 5 bangunan yang terbakar dalam kejadian ini, 2 lainnya ikut terdampak, ” kata staf Disdamkar Samarinda Sunardi Siman.

Penulis : Koko
Editor : M Jay

Don`t copy text!