MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Bersama Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPK) Kaltim menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Strategi Pengembangan Perpustakaan dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), di Hotel Swiss Bel Samarinda sejak Minggu kemarin (14/5/2023).

Kegiatan yang diikuti seluruh pengelola perpustakaan kabupaten/kota di Kaltim ini berlangsung selama 4 hari, sejak tanggal 14 sampai 18 Mei 2023.

Kegiatan Bimtek juga menjadi wadah sosialisasi dan penerapan program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS). Melalui kegiatan tersebut, edukasi disampaikan kepada seluruh peserta untuk meningkatkan literasi.

“TPBIS memperkuat peran perpustakaan dalam meningkatkan kualitas SDM dan menjadi sarana peningkatan kreativitas masyarakat untuk menghilangkan kesenjangan guna mendapatkan akses informasi, ” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kaltim HM Syafranuddin.

Keberadaan perpustakaan diharapkan juga mendorong masyarakat untuk terlibat dalam kegiatan perpustakaan.

Sementara, seluruh peserta yang mengikuti Bimtek diharapkan dapat menciptakan inovasi baru dalam rangka menciptakan program keterampilan berbasis literasi masyarakat Kaltim.

“Dengan adanya bantuan dan fasilitasi Perpusnas diharapkan dapat dimanfaatkan dan didayagunakan seoptimal mungkin, ” imbuhnya. (Adv DPK Kaltim/M Jay)

Don`t copy text!