MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Memenuhi permintaan banyak Pemustaka, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPK) Kaltim berencana akan kembali membuka layanan keperpustakaan hingga malam hari dalam waktu dekat ini.

Rencana ini masih dimatangkan sembari menyiapkan segala keperluan yang disiapkan. Diantaranya adalah jumlah sumber daya manusia (SDM) dan ruangan layanan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kaltim HM Syafranuddin saat ditemui di ruang kerjanya.

Dikatakannya, sebenarnya Perpustakaan Daerah Kaltim pernah membuka layanan keperpustakaan hingga malam hari. Namun karena Indonesia dan Samarinda khususnya dilanda pandemi COVID-19, layanan tersebut tidak lagi dibuka, karena memang adanya pembatasan kegiatan oleh pemerintah untuk mengurangi penularan virus COVID-19 di masyarakat.

“Iya, rencana kami memang akan membuka layanan keperpustakaan lagi sampai malam, sampai pukul 22.00 Wita, seperti layanan yang dulu pernah dilaksanakan. Saat ini kami tengah mempersiapkan segala sesuatunya dulu, ” ucap mantan Kepala Biro Adpim Setdaprov Kaltim ini.

Menurutnya, permintaan tambahan waktu layanan keperpustakaan hingga malam ini banyak datang dari kalangan mahasiswa, pelajar dan pekerja yang langsung disampaikan kepada kami.

“Alasan yang disampaikan karena ketika waktu pagi hingga sore hari kan aktivitas mereka banyak di kampus, sekolah maupun di tempat kerja. Sehingga tidak punya waktu untuk datang ke sini, sementara mereka banyak memerlukan buku-buku untuk menyelesaikan tugas sekolah atau kuliah. Akhirnya ini yang membuat kami menyusun rencana untuk kembali membuka layanan hingga malam, ” katanya.

Pria yang karib disapa Ivan ini menyebut, pada layanan keperpustakaan sebelumnya yang dilakukan hingga malam hari, jumlah Pemustaka yang datang cukup banyak, pun untuk peminjaman buku.

“Dulunya waktu dibuka sampai malam banyak yang datang, banyak mereka dari mahasiswa,” terangnya.

Untuk saat ini, layanan keperpustakaan masih dilaksanakan setiap hari Senin hingga Jumat sampai pukul 16.00 Wita.

“Kalau yang sekarang ini kan hanya dari Senin sampai Jumat hingga jam 4 sore saja. Tapi dengan adanya banyak permintaan tambahan waktu layanan keperpustakaan akan kami upayakan untuk dilaksanakan,” pungkasnya. (Adv20/Koko/Oen)

Don`t copy text!