MEDIABORNEO.NET, SANGATTA – Dalam rangka peringatan HUT Kabupaten Kutai Timur (Kutim) ke-23, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPK) Kaltim menyerahkan ribuan judul koleksi buku-bukunya kepada Dinas Perpustakaan Kutim.

Ribuan koleksi buku tersebut diserahkan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPK) Kaltim HM Syafranuddin secara langsung.

Tidak hanya menyerahkan ribuan koleksi buku, DPK Kaltim juga menyerahkan bantuan anggaran untuk pembangunan Perpustakaan yang ada di tingkat kecamatan dan desa yang ada di Kutim sebesar Rp 400 juta yang bersumber dari APBD Perubahan tahun 2022.

“Tahun ini kami menyerahkan sebanyak 5 ribu eksemplar buku untuk Dinas Perpustakaan Kutim, nantinya buku-buku ini akan disalurkan kepada Perpustakaan yang ada di kecamatan, kelurahan dan desa di sana. Bantuan juga termasuk pembangunan Perpustakaan di sejumlah kecamatan, kelurahan dan desa, ” ucap Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kaltim HM Syafranuddin.

Ivan sapaan karib pria asli Kutai ini merincikan, Perpustakaan yang akan menerima buku-buku ini masing-masing adalah :
1. Perpustakaan Desa Swarga Bara Sangatta Utara dan Perpustakaan Desa Singa Geweh, masing-masing sebanyak 720 judul atau sebanyak 2.160 eksemplar buku.
2. Perpustakaan Kecamatan Sangkulirang sebanyak 400 eksemplar buku.
3. Perpustakaan Kecamatan Muara Ancalong sebanyak 100 eksemplar buku.
4. Bantuan buku untuk Taman Baca Lemba Lestari sebanyak 110 eksemplar buku.

Sementara bantuan pembangunan Perpustakaan diberikan kepada :
1. Pembangunan Perpustakaan Desa Singa Geweh seluas 115 meter persegi senilai Rp 200 juta.
2. Pembangunan Perpustakaan Desa Sangatta Selatan seluas 115 meter persegi senilai Rp 200 juta.

“Jadi, penyerahan buku ini adalah sebagai upaya kami untuk meningkatkan minat baca bagi masyarakat. Sehingga tidak hanya kalangan pelajar dan mahasiswa saja yang bisa membaca dan menggunakan, bahkan sampai petani juga diharapkan dapat memanfaatkan ini untuk menambah pengetahuan dan ilmu bagaimana tentang cara bercocok tanam dan sebagainya melalui buku, ” harapnya. (Adv21/Koko/Oen)

Don`t copy text!