MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Sebuah gudang penyimpanan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar dan empat bangunan rumah warga di Kampung Pasiran Jalan Untung Suropati RT 25, Kelurahan Karang Asam Ulu, Kecamatan Sungai Kunjang ludes terbakar, Senin siang (13/6/2022).

Diperkirakan peristiwa terjadi sekitar pukul 10.00 Wita dan sekitar satu jam kemudian, api berhasil dikuasai oleh petugas pemadam kebakaran dibantu relawan Samarinda.

Belum dapat diketahui pasti penyebab kebakaran yang terjadi persis di samping lokasi SPBU tersebut. Tapi kerugian material diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Informasi yang dihimpun media ini dari Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kota Samarinda, dari kejadian ini sedikitnya ada 5 bangunan terbakar. Yaitu 3 rumah tunggal, 1 rumah penyimpanan BBM solar dan 1 pos jaga.

Saat proses pemadaman, petugas gabungan yang berasal dari Disdamkar Kota Samarinda, PMK Swasta, Balakarcana Samarinda dan relawan mengalami kendala. Lantaran terdapat penampungan solar di lokasi kejadian, sehingga petugas harus sigap melakukan pemadaman agar tidak merembet ke bangunan rumah warga lain yang juga berada di lokasi kejadian. Petugas gabungan pemadam juga harus ekstra hati-hati karena adanya potensi ledakan dari BBM solar tersebut.

Yang membuat api juga cepat membesar adalah, mayoritas seluruh bangunan yang ada di lokasi kejadian berbahan kayu dan letaknya berdekatan. Sehingga api dengan cepat menyebar dari satu bangunan ke bangunan yang lain.

“Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa. Tapi ada 5 KK atau 20 jiwa yang kehilangan tempat tinggal. Sementara penyebab kebakaran masih diselidiki pihak kepolisian,” ujar staf Disdamkar Samarinda Sunardi Siman.

Dirinya terus mengimbau masyarakat Samarinda untuk selalu hati-hati dan waspada terhadap potensi terjadinya kebakaran. Mengingat, Kota Samarinda masih menjadi daerah yang resiko kebakarannya masih tinggi.

Penulis : Koko
Editor : M Jay

Don`t copy text!