MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Layanan Perpustakaan Keliling (PusLing) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPK) Kaltim kembali menyambangi tiga lokasi berbeda, Senin (12/6/2023).

Hari ini, Senin (12/6/2023) kunjungan PusLing DPK Kaltim, pertama dilaksanakan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Samarinda. Kemudian berlanjut ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Samarinda dan berakhir di Lembaga Narkotika Samarinda.

Unit mobil PusLing DPK Kaltim banyak membawa buku-buku berbagai koleksi judul. Sehingga ketika mobil PusLing baru sampai di lokasi, warga binaan langsung bersemangat.

Kepala DPK Kaltim HM Syafranuddin mengatakan, DPK Kaltim terus berkomitmen dan serius untuk memperluas akses literasi masyarakat tanpa pandang bulu, melalui program Perpustakaan Keliling.

“Program sudah berlangsung setiap bulan, biasanya dilaksanakan di pekan pertama,” Ujarnya.

Sementara itu, Staf Bagian Bimbingan Kegiatan Rutan, Mandar mengatakan, petugas DPK Kaltim melakukan survei lokasi penempatan sudut baca yang ada di Rutan.

“Minat baca warga binaan selalu ada, karena kegiatan mereka juga untuk meningkatkan keterampilan dan membaca. Jadi buku yang diberikan ini juga bisa menjadi hiburan,” ujarnya.

Dikatakannya, khusus untuk penyediaan pojok baca di Rutan Samarinda akan secepatnya, agar warga binaan dapat membaca.

Terpisah, Pustakawan DPK Kaltim menjelaskan, DPK rutin melakukan perbaikan 100 judul buku setiap bulannya. Yang man buku-buku tersebut dipinjamkan.

“Kerjasama DPK Kaltim dan lembaga kita sediakan koleksi buku. Rutan yang menyiapkan rak buku. Semoga bisa bermanfaat,” harapnya. (Adv DPK Kaltim, M Jay)

Share
Don`t copy text!