MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Event pameran kearsipan yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPK) Kaltim bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dipursip) Kota Samarinda di Big Mall Samarinda menarik perhatian masyarakat, Senin (12/6/2023).

Berbagai stand pameran menampilkan berbagai koleksi foto-foto sejarah Kalimantan Timur dan kabupaten/kotanya. Diantara koleksi foto sejarah yang dipamerkan adalah foto saat pelantikan Aji Pangeran Tumenggung Pranoto sebagai Gubernur Kaltim pertama tahun 1957. Selain itu, koleksi foto-foto penetapan Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 7 Mei 2019, mulai dari prosesi penyatuan tanah dan air di titik nol IKN hingga kegiatan proses pembangunan IKN.

Masyarakat tampak antusias melihat stan-stan pameran sejarah. Banyak dari mereka yang ingin mendapatkan informasi dari sejarah Kaltim yang ditampilkan.

“Bagus sekali adanya pameran sejarah ini, masyarakat jadi semakin mengetahui apa saja sejarah, budaya yang ada di Kaltim,” kata Murti.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kaltim HM Syafaruddin mengatakan, pameran sejarah Kaltim ini sebagai rangkaian peringatan Hari Kearsipan.

Melalui event pameran sejarah tersebut, mantan Kepala Biro Adpim Setdaprov Kaltim ini berharap masyarakat akan semakin tertarik dan meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya arsip. Dikatakannya, dengan merawat arsip maka sejarah akan tetap terjaga hingga kapan pun.

“Pameran kearsipan ini adalah kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan di tempat keramaian publik. Alhamdulillah, atensi masyarakat sangat luar biasa. Banyak masyarakat yang datang ke stan pameran untuk melihat-lihat sejarah Kaltim dalam bentuk arsip,” ujarnya.

HM Syafaruddin menambahkan, kearsipan menjadi hal penting dalam landasan hukum untuk bertindak dan berproses, karena arsip menjadi dokumen yang tak bisa terbantahkan.

“Ini tidak hanya membuktikan bahwa peran arsip tidak hanya mengedukasi, tapi juga menjadi referensi dan seni,” pungkasnya. (Adv DPK Kaltim/M Jay)

Don`t copy text!