MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Anggota Komisi IX DPR RI H Alifuddin, SE, MM menyambangi Posyandu yang ada di Jalan Ampera 2 Gang Wijaya Kusuma, Kampung Baru, Kelurahan Rawa Makmur, Kecamatan Palaran, Senin (9/1/2023).

Kehadiran legislator Senayan ini dalam rangka pembagian makanan tambahan untuk ibu hamil dan menyusui yang ada di wilayah tersebut.

Dikatakan politisi dari PKS ini, makanan tambahan untuk ibu hamil dan menyusui tersebut adalah kolaborasi program dari Kementrian Kesehatan dan DPR RI, khususnya Komisi IX.

“Jumlah yang disalurkan sebanyak 899 dus yang dibagi untuk 5 provinsi yang ada di Kalimantan, ” ujarnya ditemui usai kegiatan.

Menurut dia, makanan tambahan untuk ibu hamil dan menyusui tersebut berupa biskuit.

“Semuanya biskuit dengan kandungan gizi yang luar biasa, ” katanya.

Alifuddin juga menyinggung terkait angka stunting yang masih tinggi terjadi di pulau Kalimantan, termasuk di Provinsi Kaltim. Untuk itu, kata dia, peran semua pihak sangat diperlukan untuk mengatasi stunting di Benua Etam.

“Kita berupaya menurunkan stunting. Ini juga sudah kita gencarkan ke semua daerah, bagaimana pencerahannya. Namun tentunya diperlukan kolaborasi dan dukungan semua pihak, ” katanya.

Dia menambahkan, salah satu upaya pencegahan stunting adalah meminimalisir terjadinya pernikahan dini.

“Sekarang kita gencarkan bagaimana pencegahan. Mulai dari sebelum pernikahan, kita sudah bina melalui tim pembinaan keluarga. Di sana ada data calon pengantin yang terkoneksi. Selanjutnya diinformasikan, agar sampai kepada tim penjamin kelurahan tepat waktu, ” ujarnya.

“Insyaallah kalau program itu jalan, maka stunting tidak akan terjadi. Karena sebelum menikah sudah dibimbing, pada saat hamil kita bimbing juga, pun termasuk saat melahirkan sampai anaknya berusia 2 tahun, ” imbuhnya.

Penulis : Koko
Editor : Oen

Share
Don`t copy text!