MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPK) Kaltim menjadi pilihan banyak sekolah untuk melaksanakan kunjungan pelajarnya.

Seperti kunjungan yang dilaksanakan oleh SD Islamic School Samarinda baru-baru ini ke Gedung DPK Kaltim yang berada di Jalan Ir H Juanda, Samarinda.

Rupanya kegiatan kunjungan tersebut menjadi agenda rutin yang dilaksanakan sekolah tersebut untuk menumbuhkembangkan minat baca pada seluruh siswanya.

“Kami setiap kegiatan sekolah ada namanya kegiatan penunjang tema, salah satunya kegiatan seperti ini. Sesuai tema yang anak-anak pelajari, kebetulan anak-anak di kelas 1 temanya tentang kegemaran dan salah satunya adalah kegemaran membaca, makanya kita ajak ke sini,” ujar Yenni, salah seorang guru pembimbing SD Islamic School Samarinda yang mendampingi siswa melakukan kunjungan ke DPK Kaltim.

Menurutnya, DPK Kaltim sengaja dipilih sekolahnya karena memiliki koleksi buku-buku yang lengkap. Selain itu, layanan yang diberikan juga sangat baik, hingga membuat anak-anak betah.

“Karena memang Perpustakaan Daerah ini yang cukup besar yang ada di Kota Samarinda. Kemudian koleksi bukunya juga lengkap, pelayanannya juga baik dan ramah,” katanya.

Dikatakan Yenni, dengan mengajak siswa berkunjung ke perpustakaan, maka dapat memperkenalkan anak lebih dekat dengan buku. Yang mana, dari buku-buku yang ada, siswa akan semakin tertarik untuk membaca dan lambat laun literasinya meningkat, serta mampu meningkatkan kecerdasan.

“Dengan memperkenalkan perpustakaan pada anak-anak, ditambah suasana yang nyaman, mereka akan suka datang dan membaca. Ini bisa membuat literasi anak-anak juga naik, mereka bisa cerdas dan ilmunya bertambah,”imbuhnya.

Dirinya berharap, ke depan layanan DPK Kaltim akan semakin baik, termasuk fasilitas, sarana dan prasarana penunjangnya menjadi lebih lengkap. (Adv DPK Kaltim/Koko/M Jay)

Don`t copy text!