MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Dalam usaha mewujudkan visi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Timur, Agus Hari Kesuma, menyoroti peran krusial Sport Development Index (SDI).

Menurut Agus, SDI merupakan alat yang sangat berarti dalam menilai tingkat keterlibatan masyarakat dalam kegiatan olahraga.

SDI, dijelaskan oleh Agus, memiliki peran penting sebagai dasar untuk pengambilan kebijakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kalimantan Timur, dan lembaga serupa di berbagai kabupaten dan kota.

“Dengan keberadaan SDI, mereka dapat merancang program dan kegiatan yang terukur, efisien, dan efektif,” ujarnya.

AHK (Agus Hari Kesuma) menegaskan pentingnya kebijakan yang didasarkan pada data dan bukti empiris dari hasil kajian ilmiah dalam mengembangkan olahraga di Kalimantan Timur.

Ini merupakan langkah kunci untuk mengubah pendekatan kebijakan olahraga yang sebelumnya mungkin lebih berfokus pada tujuan, menjadi kebijakan yang didukung oleh bukti konkret.

Meski demikian, AHK juga menyadari bahwa SDI hanyalah gambaran dari hasil pembangunan olahraga. Ia menyatakan.

“Yang lebih penting adalah langkah-langkah, rumusan kebijakan, program, dan kegiatan yang akan dilakukan setelah kita memiliki gambaran tentang perkembangan olahraga,” bebernya.

Dalam kerangka Desain Besar Olahraga Nasional yang diatur oleh Perpres Nomor 86 Tahun 2021, salah satu visi utamanya adalah “Mewujudkan Indonesia Bugar” pada tahun 2045.

Untuk mencapai tujuan tersebut, partisipasi aktif 70 persen masyarakat dalam berolahraga minimal 3 kali seminggu dengan durasi minimal 60 menit menjadi target.

Dalam Permenpora Nomor 6 Tahun 2022 tentang Peta Jalan DBON, target partisipasi masyarakat dalam olahraga ditetapkan mencapai 37 persen pada tahun 2023 dan meningkat menjadi 40 persen pada tahun 2024.

Untuk itu, SDI menjadi instrumen penting dalam mencapai tujuan besar untuk membuat Indonesia lebih sehat dan bugar.

“Dengan data yang akurat dan kebijakan yang tepat, diharapkan visi DBON dapat tercapai dengan sukses,” tandasnya. (Lis/M. Jay/Adv/Dispora Kaltim)

Don`t copy text!