MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Mengetahui bakat dan karakter anak didik sejak awal, menjadi fase penting dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang lebih berkualitas dan berdaya saing.

Pengenalan bakat dan karakter anak didik ini sangat baik dilakukan oleh tenaga pendidik, untuk mencetak pelajar dengan kemampuan terbaik.

Peluang tersebut dilirik oleh Pendar Pelita Nusantara, yaitu sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang jasa konsultasi pendidikan dan pengembangan SDM, di bawah naungan UPTD Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan yang diawasi langsung oleh Dinas Pendidikan Kaltim.

“Kami melakukan penjajakan adanya gerakan baca bakat dan karakter siswa berbasis konseling. Untuk itu, kami mengajak guru-guru terlatih dalam mengenali bakat anak didik lebih mudah, sehingga bakat mereka (anak didik, red) diketahui mulai kelas 11,” terang CEO Pendar Pelita Nusantara Hijrah Saputra, saat menggelar konferensi pers, Rabu (17/11/2021).

Dia menyebut, khusus provinsi Kalimantan Timur, Pendar Pelita Nusantara telah melakukan sosialisasi kepada sejumlah sekolah di 9 kabupaten/kota, melalui virtual. Hanya Kabupaten Mahakam Ulu yang belum tersentuh, karena jarak dan sulitnya akses jaringan komunikasi.

“Sudah ada 180 guru se-Kaltim yang sudah bergabung, mereka berasal dari kabupaten/kota di Kaltim, kecuali Mahulu,” katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Biro Humas Pendar Pelita Nusantara Johandri menyebut, dengan mengetahui sejak dini bakat dan kemampuan anak didik, maka akan memudahkan guru-guru untuk mengarahkan anak didik untuk pendidikannya, berdasarkan kemampuan dan bakat yang dimiliki masing-masing anak didik.

“Misalnya, ada anak yang pintar bahasa Inggris, tapi dia juga memiliki bakat di bidang lain, maka dengan program ini hal itu bisa terlihat sejak awal,” katanya.

Penulis : Koko
Editor : M Jay

Don`t copy text!