MEDIABORRNEO.NET, SAMARINDA – Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Puji Setyowati meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim mempersiapkan dengan matang pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional XXX Tahun 2024 yang akan dilaksanakan di Kaltim.

Selain itu, dia juga meminta Pemprov dapat memastikan persiapan para peserta dari perwakilan Kaltim, agar nantinya dapat memberikan performa yang baik.

“Mulai dari sekarang, sudah dipersiapkan kafilah-kafilah terbaik kita yang akan mewakili Kaltim. Jangan sampai mengambil kafilah dari luar daerah,” katanya.

Dikatakannya, pendidikan bagi warga Kaltim dalam mempersiapkan MTQ, melihat hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berbasis pada ajaran Qur’an.

“Pembinaan, kaderisasi, dan kompetisi diharapkan dapat memperkaya pemahaman agama, tajwid, dan sejenisnya untuk mempersiapkan peserta MTQ selanjutnya,” katanya.

Selain sebagai ajang kompetisi, Puji juga berharap bahwa MTQ di Kaltim akan memberikan dampak ekonomi positif dengan kedatangan banyak pengunjung dari 34 provinsi yang berpartisipasi, potensial meningkatkan sektor ekonomi lokal melalui akomodasi, konsumsi, dan pembelian souvenir.

“Nantinya itu kan ada 34 provinsi yang mengikuti, belum lagi kategorinya juga sangat bervariasi. Pesertanya dari anak-anak sampai dewasa. Artinya, setiap provinsi akan mengirimkan lebih dari 30 kontingen,” ujarnya.

“Belum lagi, sama officialnya. Mereka akan menginap di hotel-hotel kita, membeli makan dan minum, belanja souvenir dan lainnya. Maka itu semua akan berpengaruh pada peningkatan ekonomi kita,” imbuh Puji. (Hk/M. Jay/Adv/DPRD Kaltim)

Don`t copy text!