MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Provinsi Kalimantan Timur menargetkan masuk 10 besar ajang Pra Pekan Olahraga Nasional (POPNAS) tahun 2022.

Ditunjuk sebagai tuan rumah zona IV, Kalimantan Timur optimis akan mencapai sukses ajang POPNAS 2023 mendatang.

“Target kita minimal 10 besar, tapi kalau saya target bukan rangking 5. Jadi yang penting nanti ada dari Kaltim yang lolos dan dipantau masuk pembinaan nasional, itu yang paling penting, ” ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kaltim Agus Tianur.

Dikatakannya, yang paling penting dalam ajang ini adalah agar bagaimana atlet Kaltim mampu bermain secara baik, menunjukkan kualitas kemampuan yang dimiliki. Mengingat, atlet-atlet dari provinsi lain juga bukan lawan yang mudah.

Dia menilai, ketika Kaltim mampu menembus rangking teratas itu adalah prestasi yang luar biasa. Untuk itu harus memilih cabor-cabor yang tepat dan benar untuk berlaga di ajang nasional maupun internasional.

“Walaupun kita rengking 5 misalnya, tapi tidak banyak atlet yang masuk ke pembinaan nasional, ya percuma. Jadi harus memilih cabor yang benar, ” katanya.

Kaltim lanjut Agus Tianur telah banyak memetik pelajaran dari berbagai ajang olahraga nasional, sehingga ada rancangan pola ideal yang disusun untuk setiap cabor yang akan mengikuti ajang olahraga di tingkat nasional.

“Kita banyak pelajaran pelajaran dari provinsi lain. Belajar juga dengan Kementerian pada waktu sea games, lalu cabornya dikurangi berangkat, tapi ternyata hasilnya lebih bagus daripada yang dulu. Tapi kan sistem kita mulai mendekati pola ideal,” pungkasnya. (Adv/Koko/Oen)

Don`t copy text!