MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Terpilih menjadi tuan rumah zona 4 perhelatan Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) tahun 2022, Kalimantan Timur (Kaltim) terus bersiap diri jelang pelaksanaan pada tanggal 9 sampai 16 September 2022 mendatang.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim Agus Tianur mengatakan, penunjukkan Kaltim sebagai tuan rumah pelaksanaan ajang Pra POPNAS tahun 2022 beras dari Kementerian Olahraga (Kemenpora) RI. Untuk itu berbagai persiapan terus dilakukan untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan tersebut.

Menurut dia, penunjukkan Kaltim oleh Kemenpora RI ini juga sebagai sentra olahraga dalam program Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), yang ditujukan untuk meningkatkan budaya olahraga di masyarakat. Termasuk olahraga pendidikan menuju olahraga prestasi melalui ajang Pra POPNAS.

Dikatakan Agus Tianur, nantinya pembukaan agenda rutin pembinaan atlet pelajar ini direncanakan bersamaan dengan pelaksanaan puncak upacara Peringatan Hari Olahraga Nasional, yang direncanakan akan dihadiri oleh Presiden Jokowi di stadion Batakan Balikpapan.

Dia melanjutkan, perhelatan Pra POPNAS 2022 ini akan diikuti oleh sejumlah provinsi, diantaranya Jawa Timur, Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi Tenggara.

“Kita telah menyiapkan sejumlah langkah persiapan dari atlet-atlet pelajar kita, termasuk kepanitiaan, venue, wasit atau juri serta fasilitas pendukung lain, sehingga diharapkan kegiatan ini dapat berlangsung sukses dan sukses prestasi serta sukses peningkatan ekonomi masyarakat,” ucapnya, Kamis (1/9/2022).

Terkait dengan persiapan yang dilakukan, diakui Agus Tianur, terdapat sedikit kendala karena Indonesia dan Kaltim khususnya masih berada di masa pandemi COVID-19. Kendati begitu, dengan kondisi melandainya kasus saat ini, serta persiapan dan pembinaan yang dilakukan oleh masing-masing cabang olahraga di Kaltim, dirinya menyakini atlet-atlet pelajar dari Kaltim siap menghadapi ajang Pra POPNAS 2022.

“Terkait persiapan, sempat mengalami kendala, karena pandemi COVID-19. Namun demikian, saya yakin dengan adanya SKOI dan PPLP serta pembinaan cabang olahraga (Cabor) oleh masing-masing pengurus, tentu atlet-atlet kita akan memberikan kemampuan terbaiknya,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga M Masturi Akbar Tapipullah menyebut, pada ajang Pra POPNAS 2022 ini ada 8 cabang olahraga yang akan dipertandingkan, yaitu tinju, bola voli, pencak silat, bola basket, sepak takraw, sepak bola, tenis (beregu) dan bulutangkis (beregu).

Informasi tambahan, pada pertengahan Agustus silam, Tim Kemenpora RI telah melakukan Bimbingan Teknis Sumber Daya Manusia (SDM) Penyelenggaraan Pra Popnas Zona 4 di Samarinda, sekaligus mengunjungi venue dan sarana prasarana akomodasi tempat para atlet. (Adv/Koko/Oen)

 

Don`t copy text!